Berita Regional

TNI AL dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Belasan Ribu Botol Miras dari Malaysia

Upaya penyelundupan belasan ribu botol minuman keras (miras) melalui perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalbar digagalkan aparat TNI Angkatan Laut.

iSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, PONTIANAK - Upaya penyelundupan belasan ribu botol minuman keras (miras) melalui perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat (Kalbar) digagalkan aparat TNI Angkatan Laut bersama Bea Cukai.

Miras-miras tersebut diangkut menggunakan dua mobil truk dan satu kontainer.

Disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono, kronologi penangkapan yang bermula dari laporan intelijen yang diterima im Fleet One Quick Response (F1QR) Lantamal XII Pontianak, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: Kronologi Pelajar dan Tukang Parkir Keroyok Anggota TNI Diungkap Polisi, Serma Dedi Lari ke Kantor

Informasi itu menyebutkan, akan ada upaya penyelundupan minuman keras asal Malaysia melalui perbatasan di Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalbar.

"Menindaklanjuti informasi, tim melakukan briefing dan bergerak menuju daerah yang dicurigai," kata Heri kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

penyelundupan belasan ribu botol minuman keras
TNI Angkatan Laut bersama Bea Cukai menggagalkan upaya penyelundupan belasan ribu botol minuman keras (miras), diangkut menggunakan 2 mobil truk dan 1 kontainer melalui perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat (Kalbar).

Selanjutnya, pada Minggu (26/6/2022) pukil 01.30 WIB dini hari, tim Lantamal XII Pontianak bergabung dengan Tim Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) guna melakukan pengintaian.

"Pukul 02.37 WIB tim mengidentifikasi dan mencurigai sebuah truk, selanjutnya membuntutinya dan menemukan truk yang sedang loading muatan minuman keras ilegal," ucap Heri.

Heri menyebut, dari 13.260 botol tersebut terdiri dari 576 botol Macallan Harmoni, 600 botol Macallan 12, 2.376 botol El Jimador, 1.776 botol Dona Sol Vineyards, 2.388 botol Herradura Tequila Plata, 576 botol Douglass Hill, 2.376 botol Finlandia Vodka, dan 204 botol Kilchoman.

"Kami juga mengamankan 3 orang sopir, berinisial PS, DP dan AY.

Ketiganya saat ini masih dalam pemeriksaan Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar)," ucap Heri. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "13.260 Miras dari Malaysia Gagal Diselundupkan ke Indonesia, 3 Sopir Ditangkap"

Baca juga: Dendam Sering Ditegur Warga, Pemuda Bakar Rumah di Jakarta Timur, Awalnya Mengaku Disuruh Orang

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved