Berita Semarang

Rencanakan Bangun Trem, Pemkot Semarang Akan Belajar ke Kota Sofia Bulgaria

Pemerintah Kota Semarang berencana membangun transportasi berbasis rel berupa trem di ibu kota Jawa Tengah.

dok Pemerintah Kota Semarang 
Pemerintah Kota Semarang mendampingi delegasi Kota Sofia berkeliling menggunakan Trans Semarang untuk belajar sistem transportasi umum di Kota Semarang, Rabu (29/6/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang berencana membangun transportasi berbasis rel berupa trem di ibu kota Jawa Tengah.

Guna merealisasi proyek tersebut, Pemerintah Kota Semarang akan belajar ke Kota Sofia, Bulgaria melalui program International Urban and Regional Cooperation (IURC) yang didanai oleh Uni Eropa hingga 2023. 

Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang, Arwita Mawarti mengatakan, Pemerintah Kota Semarang berencana mereaktivasi trem. Groundbreaking ditargetkan dapat dilakukan pada 2022. 

"Kami ada target untuk trem tahun ini groundbreaking, kemudian akan dilanjutkan pembangunan fisik," terang Arwita, usai mendampingi kunjungan Delegasi Sofia ke rute BRT Trans Semarang, Rabu (29/6/2022). 

Menurutnya, Sofia Bulgaria bisa menjadi tempat untuk belajar pembangunan jalur trem mengingat kota ini telah mengembangkan transportasi berbasis trem.

Dengan kerjasama ini, dia berharap Kota Semarang bisa menyediakan sarana transportasi publik yang lebih baik untuk masyarakat. 

"Kami akan belajar banyak ke kota Sofia karena sudah lebih dulu mengembangkan transportasi berbasis trem disana. Kami harap kunjungan Kota Sofia ini, kita bisa saling sharing publik transportasi yang lebih baik di Kota Semarang," terangnya. 

Selain rencana pembangunam trem, Arwita melanjutkan, Pemerintah Kota Semarang juga memiliki rencana pemngembangan transportasi massal berbasis jalan yakni dengan BRT.

Satu diantaranya penyediaan bus lowdeck. Selain itu, Pemkot ingin ada pengembangan jalur khusus BRT. 

"Kalau bus lowdeck dalam waktu dekat kami coba pengadaan," tambahnya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved