Kesbangpol Jateng

Kesbangpol Jateng Gelar Sarasehan, Perkuat Toleransi dan Kebhinnekaan Jelang Era Indonesia Emas

Kesbangpol Jateng Gelar Sarasehan, Perkuat Toleransi dan Kebhinnekaan Jelang Era Indonesia Emas

Penulis: fachri | Editor: galih permadi
Istimewa
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno; Bupati Banyumas, Ir H Achmad Husein; Bupati Tegal, Dra. Hj. Ummi Azizah; Habib Husein Ja'far Al Hadar, serta CEO PT Marimas Putera Kencana, Harjanto Kusuma Halim saat mengisi Sarasehan Politik Kebangsaan “Toleransi Dan Kebhinnekaan Jembatan Emas Kejayaan", Kamis (30/6/2022). 

Kesbangpol Jateng Gelar Sarasehan, Perkuat Toleransi dan Kebhinnekaan Jelang Era Indonesia Emas

TRIBUNJATENG.COM - Perlahan tapi pasti, Indonesia akan bergerak memasuki era Indonesia Emas di tahun 2045.

Tepat ketika republik ini berusia 100 tahun, diramalkan Indonesia akan menghadapi bonus demografi dengan jumlah masyarakat usia produktif secara kuantitas meningkat drastis.

Namun, bagaimanakah bangsa ini mempersiapkan kondisi tersebut?

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno; Bupati Banyumas, Ir H Achmad Husein; Bupati Tegal, Dra. Hj. Ummi Azizah; Habib Husein Ja'far Al Hadar, serta CEO PT Marimas Putera Kencana, Harjanto Kusuma Halim saat mengisi Sarasehan Politik Kebangsaan “Toleransi Dan Kebhinnekaan Jembatan Emas Kejayaan
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno; Bupati Banyumas, Ir H Achmad Husein; Bupati Tegal, Dra. Hj. Ummi Azizah; Habib Husein Ja'far Al Hadar, serta CEO PT Marimas Putera Kencana, Harjanto Kusuma Halim saat mengisi Sarasehan Politik Kebangsaan “Toleransi Dan Kebhinnekaan Jembatan Emas Kejayaan", Kamis (30/6/2022). (Istimewa)

Baca juga: Kesbangpol Pastikan Tidak Ada Ormas Khilafatul Muslim di Kabupaten Pekalongan

Baca juga: Kesbangpol Jawa Tengah: Ada Pelajar Terpapar Radikalisme

Baca juga: Kesbangpol Jateng Beberkan Strategi Cegah Radikalisme di Usia Remaja

Dalam rangka menyikapi hal tersebut dan membahas kondisi aktual bangsa, Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Politik Kebangsaan dengan tema “Toleransi dan Kebhinnekaan, Jembatan Emas Kejayaan” bertempat Taman Budaya Soetedja Jl. Pancurawis, Karanganyar, Kec. Purwokerto Selatan, Banyumas pada hari Kamis, 30 Juni 2022.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno; Bupati Banyumas, Ir H Achmad Husein; Bupati Tegal, Dra. Hj. Ummi Azizah; Habib Husein Ja'far Al Hadar, serta CEO PT Marimas Putera Kencana, Harjanto Kusuma Halim.

Pada acara tersebut, Sumarno berpesan agar para peserta sarasehan memegang teguh Pancasila serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita jangan berpikir mencari ideologi lain karena Pancasila digali dari nilai-nilai budaya bangsa serta selama bertahun-tahun telah terbukti dan teruji sanggup mempersatukan bangsa ini dengan berbagai latar belakang”, ucap Sumarno dalam rilis yang diterima TribunJateng.com.

Senada dengan hal tersebut, Achmad mengingatkan agar para peserta mampu memahami arah dan tujuan bangsa ini.

Setelah memahami tujuan tersebut, Achmad mengajak agar para peserta dapat disiplin dan bekerja keras untuk menggapainya.

“Jika kita bicara tentang jembatan emas kejayaan Indonesia, kita harus tahu hasil akhirnya mau apa. Jika kita menginginkan masyarakat adil makmur, kehidupan yang sejahtera, serta dihargai sebagai warga dunia, maka kita harus bersatu padu dan bekerja keras untuk menggapainya”, ungkap Achmad dalam kesempatan yang sama.

Selain itu Achmad juga menekankan bahwa seluruh masyarakat hendaknya memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi bangsa yang unggul di kemudian hari.

Di sisi lain, etos kerja, disiplin, dan sikap mental yang baik harus senantiasa ditingkatkan agar dapat tercapai kualitas sumber daya manusia yang prima menjelang era Indonesia Emas.

Senada dengan Achmad, Halim juga mengajak peserta untuk mengenal Pancasila lebih mendalam sebagai ideologi bangsa yang digali dari nilai-nilai budaya masyarakat serta sebagai rangkuman gagasan pendahulu bangsa dari berbagai latar belakang suku, agama, ras, dan golongan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved