Berita Sragen

Dari Jumlah Populasi 79 Ribu, Kabupaten Sragen Terima 3.800 Vaksin PMK

Sragen peroleh 3.800 dosis vaksin PMK, pendistribusiannya diutamakan di kecamatan.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati secara simbolis menyerahkan vaksin PMK kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Sragen, Rina Wijaya, Minggu (3/7/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Kabupaten Sragen memperoleh sebanyak 3.800 dosis vaksin PMK. Pendistribusian vaksin ini akan diutamakan ke kecamatan dengan jumlah populasi terbanyak.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan penyuntikan 3.800 dosis PMK ini ditargetkan rampung Selasa (5/7/2022).

Yuni mengaku jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah ternak di Sragen. Pihaknya akan mengupayakan penambahan jumlah vaksin PMK.

"Jumlah ini akan kami distribusi ke setiap kecamatan, tapi kita pilih ditempat yang banyak populasinya. Tentu tidak merata ke semua 196 desa dan 12 kelurahan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Sragen, Rina Wijaya mengatakan vaksinasi PMK tidak bisa dilakukan 100 persen.

Dari jumlah populasi 79 ribu lebih dengan vaksin yang hanya 3.800 dikatakan Rina tentu sangat kurang. Pihaknya berharap akan ada tahap distribusi vaksin PMK selanjutnya.

Distribusi vaksin PMK tahap pertama ini akan diberikan ke populasi paling banyak yakni eks kawedanan Gemolong. Diantaranya Kecamatan Plupuh, Tanon, Sumberlawang, Miri, Kalijambe dan Gemolong.

"Distribusi tahap pertama ke populasi paling tinggi di eks kawedanan Gemolong. Di sana jumlah kasus, Sumberlawang 55, Miri 5, Gemolong 11, Kalijambe 50, Plupuh 18 dan Tanon 32 kasus," kata Rina.

Rina melanjutkan hewan ternak yang sakit dan hewan yang satu kandang dengan yang sakit bukanlah sasaran vaksinasi PMK, melainkan akan dilakukan pengobatan.

Begitupula hewan ternak yang telah sembuh juga bukan merupakan sasaran vaksinasi PMK. Hewan ternak yang benar-benar sehatlah yang menjadi sasaran.

Sementara itu, total kasus PMK di Sragen mencapai 1.007 kasus, kasus aktif 450, kasus baru 5, sebanyak 508 sembuh, 49 hewan mati sebanyak 41 hewan mati dipotong dan delapan hewan mati dikubur. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved