Apindo Minta Insentif Pajak bagi Pengusaha

pelaku usaha sangat membutuhkan dukungan untuk bisa lebih baik dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan iklim investasi yang baik.

Editor: Vito
Kompas.com/Istimewa
Ilustrasi pajak (Thinkstock) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap pemerintah terus memberikan dukungan penuh kepada pengusaha dalam proses pemulihan ekonomi, satu di antaranya dengan pemberian insentif perpajakan.

Wakil Ketua Umum Apindo, Shinta Kamdani mengatakan, pelaku usaha sangat membutuhkan dukungan untuk bisa lebih baik dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan iklim investasi yang baik.

Menurut dia, meski saat ini Indonesia sudah memasuki masa pemulihan yang semakin baik, situasi perekonomian global akan sangat berdampak bagi pelaku usaha di Indonesia.

“Kita membutuhkan tidak hanya program untuk mendapatkan pendapatan, tetapi juga butuh insentif untuk meningkatkan kinerjanya, terutama dalam situasi sulit saat ini,” katanya, dalam konferensi pers, Senin (4/7).

Shinta berharap, masukan dan saran yang diberikan pengusaha dapat diterima pemerintah, dan juga bisa bersama-sama menghadapi turbulensi yang akan terjadi ke depannya.

Selain itu, ia juga turut mengapresiasi pencapaian Program Pengungkapan Sukarela (PPS) alias Tax Amnesty Jilid II yang berakhir pada 30 Juni 2022.

Shinta mengimbau, setelah PPS selesai, para pengusaha yang mengikuti program ini diharapkan dapat menjadi role model dalam kepatuhan terhadap regulasi khususnya perpajakan.

Sebab, menurutnya, untuk membangun Indonesia yang tangguh, diperlukan partisipasi semua elemen masyarakat, tak terkecuali para pengusaha yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

“Para pelaku usaha memiliki andil dalam mewujudkan upaya perbaikan defisit anggaran dan peningkatan rasio pajak dengan berpartisipasi dalam PPS sebagai bentuk kebijakan fiskal pemerintah," tuturnya.

"Apalagi, PPS merupakan salah satu mandat dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang patut didukung para pengusaha,” tambahnya.

Shinta menyatakan, Apindo terus memberikan masukan atas kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dunia usaha, dan menciptakan iklim investasi yang baik di masa mendatang.

"Ini sejalan dengan tujuan Apindo untuk membangun hubungan industrial yang harmonis, kondusif, dan berkesinambungan melalui sinergi pengusaha yang bergabung di Apindo, termasuk berperan aktif dalam program dan kebijakan pemerintah," tandasnya. (Kontan.co.id/Siti Masitoh)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved