Berita Sragen

Peringatan Harganas di Sragen Berfokus Pada Pencegahan Stunting

Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 Sragen berfokus pada pencegahan stunting.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Istimewa/Kominfo Sragen
Sejumlah kader kesehatan melakukan senam kebugaran bersama Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana se Kabupaten Sragen di The New Kemukus, Selasa (5/7/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Sragen berfokus pada pencegahan stunting. Seperti halnya tema yang diusung yakni Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sragen, Suroto pada puncak peringatan Harganas di The New Kemukus, Sumberlawang, Sragen, Selasa (5/7/2022).

Suroto menyampaikan momentum Harganas ini merupakan peringatan kepada masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Sragen akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan dalam pembangunan bangsa.

Dia melanjutkan sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa. Momentum Harganas menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu pecepatan penurunan stunting.

"Diketahui, saat ini angka prosentase stunting di Indonesia 24,4 persen, sementara di Sragen sebesar 18,8 persen pada 2022. Angka tersebut membuat Sragen menjadi urutan ke- 14 di Jawa Tengah," kata Suroto.

Pada 2022 pihaknya mentargetkan dapat melakukan penurunan angka stunting menjadi 15,3 persen. Selain itu, pada 2024 mendatang pihaknya bisa menurunkan angka stunting kurang dari 14 persen.

Keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Melalui pencegahan sejak sebelum perkawinan, sampai seribu hari fase kehidupan dengan mencukupi asupan makanan yang seimbang melalui nutrisi.

"Harganas ini akan menjadi momentum guna mengajak masyarakat untuk mengentaskan stunting diseluruh wilayah Indonesia dan berperan menurunkan angka stunting khususnya di Kabupaten Sragen,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sragen dr. Udayanti Proborini menambahkan sejumlah kegiatan peringatan Harganas telah dilakukan.

Puncak acara hari ini diikuti stand pelayanan KB, stand donor darah dari PMI Sragen, serta gelaran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA yang menyediakan produk-produk sovenir, handicraft, berbagai snack dan makanan tradisional. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved