Berita Slawi

Sandiaga Uno Siap Fasilitasi Renovasi Gedung Kesenian Rakyat Kabupaten Tegal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, siap penuhi permintaan Bupati Tegal Umi Azizah,

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: rival al manaf
Foto kiriman Humas Pemkab Tegal 
Bupati Tegal Umi Azizah, berfoto bersama Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno, di acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Rita Mall, Kota Tegal, Minggu (3/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, siap penuhi permintaan Bupati Tegal Umi Azizah, soal usulan renovasi Gedung Kesenian Rakyat Kabupaten Tegal

Hal ini terungkap saat keduanya bertemu pada acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Rita Mall, Kota Tegal, Minggu (3/7/2022). 

Sandiaga pun langsung merespon baik usulan orang nomor satu di Kabupaten Tegal tersebut, dengan menunjuk Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam untuk menindaklanjutinya.

Mendengar pemaparan Umi tentang dukungan Pemkab Tegal pada pengembangan ekonomi kreatif, Sandiaga juga mengapresiasi program Wirausaha Pemuda yang sudah berjalan selama empat tahun ini dalam menumbuhkan entrepreneur muda di sektor ekonomi kreatif.

“Ini (program Wirausaha Pemuda) keren banget. Kabupaten Tegal bisa punya program buat anak-anak mudanya. Terkait usulan (renovasi Gedung Kesenian Rakyat) yang sudah disampaikan bu Umi, kami akan langsung wujudkan. Mungkin bisa melalui dana alokasi khusus atau dana kolaborasi, termasuk usulan kegiatan pameran UMKM ekonomi kreatif yang ke depannya nanti bisa kami jadwalkan juga ke Kabupaten Tegal,” jelas Sandiaga, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Selasa (5/7/2022). 

Sebelumnya, di hadapan Sandiaga Uno, Bupati Umi mengatakan jika pihaknya sempat berkunjung ke kantor Kemenparekraf RI beberapa waktu lalu, dan bertemu Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif untuk menyampaikan perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Tegal.

Menurutnya, perkembangan sektor ekonomi kreatif ini relatif cepat di masa pemulihan pasca pandemi. 

Hal tersebut tidak terlepas dari komposisi penduduk usia produktifnya yang mencapai 69,7 persen, atau demografi penduduk Kabupaten Tegal yang berjumlah 1,59 juta jiwa didominasi oleh generasi Z dan milenial yang mencapai 52,6 persen.

Selain memaparkan program unggulan Wirausaha Pemuda dengan slogannya “Tegal golet bos muda”, Umi juga menyampaikan dukungannya dalam mendorong transformasi digital pelaku UMKM dalam bidang pemasaran maupun pengelolaan keuangan.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini saya bisa bertemu langsung dengan mas menteri. Semoga beberapa usulan yang sudah kami sampaikan ke Kemenparekraf, terutama mengenai rehab gedung kesenian dan penyelenggaraan pameran ekonomi kreatif bagi pelaku UMKM seperti ini bisa direalisasi,” ujar Umi.

Pada acara AKI tersebut, turut hadir Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, dan turut mendampingi Bupati Umi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni, beserta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal Nurhayati. (dta) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved