Berita Kendal

6.732 Siswa Terserap di SMA/SMK Negeri Kendal

Sebanyak 6.732 siswa lulusan SMP sederajat di Kab. Kendal terserap di SMA/SMK negeri.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara
Ilustrasi. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Disdikbud Provinsi Jateng di Demak, Ernest Ceti Septyanti (tengah) saat menunjukkan 8 sekolah yang menumpang sekolah lain di posko layanan SMA/SMK/MA di SMAN 1 Demak, Rabu (27/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sebanyak 6.732 siswa lulusan SMP sederajat di Kabupaten Kendal terserap di SMA dan SMK negeri setempat pada tahun ajaran 2022/2023.

Dari jumlah SMA dan SMK negeri yang ada, hanya satu SMAN di Kecamatan Patean yang tidak bisa menyerap 100 persen calon siswa dari kuota yang ada.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah XIII Kendal, Ernest Ceti Septyanti mengatakan, daya tampung PPDB di SMA negeri Kabupaten Kendal mencapai 3.888 orang. Sedangkan daya tampung SMK negeri Kendal sebanyak 2.844 orang.

Dia menyebutkan, kuota di semua sekolah sudah terisi 100 persen. Hanya SMAN di Kecamatan Patean baru terisi 82 persen dari kapasitas 108 siswa.

"SMA ini (di Patean, red) berada di pinggiran. Masyarakat sekitar sepertinya lebih tertarik sekolah di SMK karena orientasinya untuk bekerja di industri," terangnya, Rabu (6/7/2022).

Dia menyebut, lulusan SMP sederajat yang belum terserap di SMA dan SMK negeri Kendal bisa mendaftar ke SMA/SMK swasta.

Selain itu, calon siswa juga bisa mendaftar di SMA/SMK di Kota Semarang berdasarkan peraturan yang berlaku.

Kata dia, semua SMAN dan SMKN sudah menerapkan PPDB online, namun ada beberapa sekolah swasta yang masih menerapkan PPDB secara langsung di sekolah. 

"Untuk kebijakan masih sama. Kalau di SMA lebih menekankan pada jalur zonasi, kalau SMK pada prestasi," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi menyampaikan, angka kelulusan jenjang SMP negeri dan swasta mencapai 11.447 siswa.

Pihaknya sedang melakukan identifikasi angka melanjutkan sekolah di Kabupaten Kendal ke jenjang SMA sederajat.

"Kami sedang melakukan identifikasi, siswa melanjutkan ke sekolah mana saja. Karena PPDB jenjang SMA sederajat baru selesai pekan kemarin," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved