Berita Jepara

Stabilkan Harga Hewan Kurban Jelang Idul Adha, Pemkab Jepara Genjot Vaksinasi PMK

Vaksinasi PMK di Kabupaten Jepara menjelang Idul Adha ini terus digenjot.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
Dok. Diskominfo Kabupaten Jepara
Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko saat ikut vaksinasi PMK di Deaa Guwosobokerto, Kecamatan Welahan, beberapa waktu yang lalu. 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Jepara, menjelang Idul Adha ini terus digenjot. Hal ini untuk melindungi hewan kurban dari wabah tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko mengatakan, vaksinasi PMK ini juga untuk menstabilkan harga hewan kurban.

“Setelah ternak yang sakit diobati, momen Idul Adha ini bisa dimanfaatkan oleh para peternak untuk menjual ternaknya dengan harga yang baik,” kata Edy, dalam keterangannya, Rabu (6/2/2022).

Sementara itu, jumlah populasi sapi di Kabupaten Jepara sebanyak 53.038 ekor. Kerbau 2.522 ekor. 

Dari total populasi itu, populasi 15 ribu ekor yang terdiri dari hewan jantan dewasa dan betina tidak produktif, siap disembelih.

Di sisi lain, kebutuhan hewan ternak di Kabupaten Jepara untuk Idul Adha sekira 3.500 ekor,  yang terdiri sapi dan kerbau.

Dari data tersebut, menurut Edy, hewan kurban aman. Dia mengungkapkan wabah PMK belum mempengaruhi stok hewan kurban. Kendati demikian, dia juga mengakui keberadaan wabah PMK ini menimbulkan kepanikan.

“Dengan kondisi ini, di satu sisi banyak pedagang (makelar), memanfaatkan PMK untuk mengambli kesempatan atau keuntungan. Dengan menakut-nakuti peternak sehingga peternak menjual dengan harga rendah,” imbuhnya.

Menurutnya, kondisi ini akan kembali kondusif. Upaya penyembuhan intensif yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jepara, hewan ternak yang selamat dan sehat saat ini harganya naik hingga Rp4 juta rupiah. Dari Harga jual semula Rp 17 juta menjadi Rp 21 juta. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved