448 Guru Terima SK PPPK, Gaji Jadi Rp 3,3 Juta Per Bulan

Sebanyak 448 orang guru SD dan SMP di Sragen menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Ratusan guru SD dan SMP ketika menerima SK PPPK di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (7/7/2022)  

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Sebanyak 448 orang guru SD dan SMP di Sragen menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

SK diberikan secara simbolis oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (7/7/2022).

Dari 448 orang guru tersebut didominasi guru SD yakni sebanyak 366 orang sisanya, 82 orang merupakan guru SMP. SK PPPK yang diserahkan hari ini merupakan hasil dari seleksi Juni 2021 lalu.

Bupati Yuni, dalam kesempatannya mengatakan dengan SK PPPK tersebut gaji para guru naik dari Rp 650 ribu menjadi Rp 3,3 juta per bulan.

Diantaranya ratusan guru tersebut, Yuni menyampaikan ada lima orang guru yang mendekati usia 60 tahun. Kendati akan pensiun, Yuni berpesan semua harus disyukuri.

Yuni mengatakan menunggu SK turun lebih dari satu tahun memanglah cukup melelahkan. Menurutnya, SK ini menjadi kehormatan bagi perjuangan para guru.

"Untuk yang muda-mudi tunjukkan prestasinya. Karena PPPK itu kontrak setiap lima tahun sekali kemudian di evaluasi. Kalau kinerja bagus bisa diperpanjang, tetapi kalau buruk bisa saja diputus," katanya.

Naiknya gaji para guru ini, membuat Yuni berpesan agar bertanggungjawab dan tidak lupa bersedekah. Dirinya menuntut para guru lebih profesional dalam mendidik anak-anak karena tantangan ke depan lebih besar.

"Sekarang dengan menjadi PPPK ada kenaikan kesejahteraan, pengakuan dari pemerintah yang harapannya sejalan dengan peningkatan kualitas kinerja dan juga inovasi dan improvisasi dalam mendidik anak-anak," kata Yuni ditemui usai kegiatan.

Selain itu, pihaknya berharap dengan ini bisa menambah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sragen dengan kualitas IPM lebih baik. (uti)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved