Berita Video

Video Cegah PMK, Dispangtan Salatiga Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) bekerja sama dengan Polres Salatiga untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku hewan ternak di Kota Sala

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Berikut ini video cegah PMK, Dispangtan Salatiga lakukan penyemprotan desinfektan.

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) bekerja sama dengan Polres Salatiga untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku hewan ternak di Kota Salatiga.

Kerja sama ini berupa penyemprotan desinfektan ke kandang-kandang ternak yang ada di Kota Salatiga.

Kepala Dispangtan Kota Salatiga, Henny Mulyani menjelaskan penyemprotan kali ini difokuskan ke kandang yang ada di Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.

“Seperti kita ketahui bahwa penyemprotan ini merupakan program nasional dengan melibatkan semua unsur,” kata Henny kepada Tribunjateng.com, Kamis (7/7/2022).

“Pada saat ini atas perintah Kapolri sampai kepada Kapolres bersama sama desinfeksi, harapannya setelah membersihkan kandang dan ini sudah masuk ke masa pemulihan,” imbuhnya.

Upaya yang dilakukan Dinas dalam penanganan sudah membuahkan hasil.

“Alhamdulillah dengan kerja sama berbagai pihak dalam penanganan, produksi sapi juga sudah baik,” ungkapnya.

“Yang kemarin produksi susu hanya satu liter saja sekarang menjadi delapan liter per hari,” tambahnya.

Menurutnya, angka hewan sapi yang sakit PMK tinggal 126 ekor.

“Mudah mudahan berangsur pulih, untuk total hewan ternak terkena PMK awalnya ada 500 an ekor lebih dan yang mati saat ini ada sembilan,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana menambahkan kondisi ternak yang ada di Kelompok Tani Rukun Santoso Satu terlihat sehat.

“Selain kegiatan penyemprotan desinfektan ke setiap kandang, kita juga melihat satu per satu kondisi sapi yang ada di kandang tersebut,” kata AKBP Indra Mardiana.

Pihaknya berharap semoga sapi yang ada di Kota Salatiga cepat membaik.

“Besar harapan dengan kegiatan ini, semoga kondisi sapi cepat sehat dan baik serta produksi dari sapi ini semakin meningkat sehingga taraf hidup kelompok tani ini dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya. (han)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE:

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved