Berita Pekalongan

PDAM Kajen Mulai Pasang Sambungan Baru Program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Perumda Air Minum Tirta Kajen melakukan pemasangan sambungan baru untuk program MBR.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nur Wachid 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Mulai bulan ini, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kajen atau PDAM Kabupaten Pekalongan melakukan pemasangan sambungan baru untuk program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) periode 2021-2022.

Untuk itu, bagi masyarakat yang sudah didata atau terdaftar sebagai pelanggan baru, bisa membayar biaya pelaksanaan kegiatan tersebut.

Adapun lokasi pembayarannya di kantor pusat PDAM atau sejumlah unit perusahaan ini yang ada di sejumlah desa maupun kecamatan.

Demikian dikatakan Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nur Wachid terkait realisasi pelaksanaan program MBR.

Dijelaskan, sejak pertengahan tahun 2021 hingga awal bulan Januari tahun 2022, perusahaan yang dikelolanya melakukan program MBR untuk sambungan rumah baru.

Dalam program tersebut, masyarakat sangat diuntungkan lantaran biaya pemasangannya sangat murah dibandingkan dengan pemasangan secara reguler.

"Hingga berakhirnya program ini, ada sebanyak 1.750 sambungan baru di rumah warga. Soal pembiayaan, pelanggan baru diuntungkan lantaran hanya Rp 500.000 per rumah, sedangkan pemasangan secara reguler biaya lebih dari Rp 1 juta."

''Alhamdulillah, SPK untuk pemasangan dari Kementrian PUPR sudah turun di akhir bulan Juni sehingga awal bulan ini pemasangannya sudah bisa direalisasikan," kata Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nur Wachid, Senin (11/7/2022).

Menurutnya, setelah teralisasikannya pemasangan sambungan baru, maka program MPB pada bulan berikutnya kembali dimulai untuk tahun anggaran 2023.

"Masyarakat yang ingin memiliki air bersih dari PDAM dengan memanfaatkan program ini bisa segera mendaftarkannya. Demikian juga untuk pemasangan sambungan reguler," ujarnya.

Nur Wachid menambahkan, program untuk tahun 2023 sudah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 3 Januari hingga akhir Desember tahun ini.

"Tahun 2023 ditargetkan sebanyak 1.250 pelanggan," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved