Berita Kendal

Temuan Cacing Hati Hewan Kurban di Kendal Menjadi 10 Kasus

Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal menemukan kembali beberapa hati hewan kurban yang terindikasi terdapat cacing hati.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/dok
ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal menemukan kembali beberapa hati hewan kurban yang terindikasi terdapat cacing hati.

Pada pemeriksaan sebelumnya, petugas menemukan 7 kasus cacing hati hasil pemeriksaan di tempat-tempat penyembelihan hewan kurban selama dua hari.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Pandu Rapriat Rogojati mengatakan, jumlah tersebut bertambah tiga kasus menjadi 10 kasus di hari ketiga pemantauan.

Dia merinci, lima kasus ditemukan di lima kecamatan dengan masing-masing desa terdapat satu kasus. Meliputi, Desa Kebumen Kecamatan Sukorejo, Desa Boja Kecamatan Boja, Desa Pucakwangi Kecamatan Pageruyung, Desa Ringinarum Kecamatan Ringinarum, dan Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu.

Selain itu, lanjutnya, petugas juga menemukan dua kasus cacing hati di Desa Tabet Kecamatan Limbangan, dan tiga kasus cacing hati di Kecamatan Kendal.

"Di Kecamatan Kendal ada tiga temuan, yaitu di Kelurahan Langenharjo, Pekauman, dan Pegulon. Total ada 10 kasus, terdiri dari 9 kasus cacing hati dan satu kasus cacing paramphistomum," terangnya, Senin (11/07/2022).

Pandu menyebut, temuan yang ada hasil dari pemeriksaan 727 ekor sapi, 1.217 ekor kambing, 283 ekor domba, dan 5 ekor kerbau. Sedangkan hati yang ditemukan cacing terdapat pada hati sapi dan kambing.

"Data ini baru sementara hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban, berpotensi bertambah," ujarnya.

Berdasarkan data dari DPP Kendal, pemeriksaan terbanyak dilakukan di Kecamatan Patebon sebanyak 287 ekor dan Kecamatan Gemuh 239 ekor.

Lainnya, Kecamatan Kaliwungu Selatan 166 ekor, Kaliwungu 166 ekor, Brangsong 25 ekor, Limbangan 266 ekor, Kendal 208 ekor, Pegandon 74 ekor, Singorojo 9 ekor, Ringinarum 34 ekor, Boja 54 ekor, Sukorejo 237 ekor, Rowosari 92 ekor, Kangkung 90 ekor, Pageruyung 11 ekor, Plantungan 100 ekor, Weleri 131 ekor, dan Cepiring 43 ekor. (Sam)

Baca juga: Video Siswa SLB Negeri Semarang Sangat Bersemangat Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka

Baca juga: Warga Kabupaten Cilacap dan Kota Semarang Bisa Daftar di Situs Subsidi Tepat MyPertamina

Baca juga: Momen Idul Adha 1443 Hijriyah, Perawat di Kab.Tegal Adakan Kurban 2 Sapi dan 4 Kambing 

Baca juga: Semifinal Piala Presiden 2022: Prediksi Skor Arema FC Vs PSIS Semarang, H2H, Line Up, Link Streaming

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved