Berita Sragen

Angka Kematian Bayi di Sragen Hhingga Juni Mencapai 60 Kasus

Hingga Juni 2022 Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Sragen ada empat orang.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Hingga Juni 2022 Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Sragen ada empat orang, sementara Angka Kematian Bayi (AKB) sebanyak 60 bayi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada perayaan HUT ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sragen, Selasa (12/7/2022).

Dari empat kasus AKI tersebut Yuni menyampaikan sudah teridentifikasi penyebabnya, diantaranya eklampsia, pendarahan, dan gagal jantung. 

"Saya mohon ini (AKI dan AKB) menjadi perhatian teman-teman semuanya karena AKI dan AKB akan selalu menjadi indikator di setiap kabupaten," kata Yuni di depan ribuan bidan.

Dia melanjutkan jika tidak bisa menekan, akan mempunyai indikasi bahwa kesehatan di Kabupaten Sragen tidak berjalan dengan baik.

"Dan itu sangat memalukan mengingat Bupati seorang dokter," imbuhnya.

Bupati menyampaikan salah satu mencegah ialah dengan penanganan yang tepat. Terutama pada rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) pertama langsung ke rumah sakit.

Jangan ke Puskesmas ataupun praktek mandiri.

"Saya yakin sebenarnya teman-teman sudah tahu semua saya sekedar mengingatkan kembali. Jangan sampai profesional kita dari seorang bidan dicemari oleh hal-hal di luar profesional kita sebagai seorang tenaga kesehatan," katanya.

Dirinya meminta agar sumpah dokter harus diingat betul dan mempunyai komitmen menjalankan sumpah sebagai seorang tenaga kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved