Berita Pati

Pati Business Forum 2022, Bupati Haryanto Gelar Karpet Merah untuk Investor

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu gelar Pati Business Forum.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Sejumlah investor melakukan penandatanganan letter of intent dalam Pati Business Forum 2022 di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (13/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Pati Business Forum 2022, Rabu (13/7/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati ini dimaksudkan untuk menjembatani kalangan usahawan dengan pemangku pemerintahan. Tujuannya untuk menarik investasi ke Kabupaten Pati.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, forum ini digelar setiap tahun. Biasanya diadakan di ballroom hotel. Namun, pada tahun terakhir kepemimpinannya sebagai Bupati Pati, Haryanto sengaja mengadakan acara ini di pendopo.

Pendopo dipasangi karpet merah sebagai simbol bahwa pemerintah daerah selama ini selalu menyambut investor dengan tangan terbuka.

“Meyakinkan investor agar bisa menanamkan modal triliunan itu tidaklah mudah. Maka hari ini saya undang di pendopo, saya kasih karpet merah, menjamin bahwa investor kami fasilitasi dengan mudah, tidak ‘diutik-utik’, tidak dipersulit, karena ini adalah perintah Presiden,” kata Haryanto.

Menurut dia, pemerintah memang harus menggandeng pihak swasta untuk melaksanakan pembangunan.

Sebab, jika berbicara masalah anggaran, kemampuan pemerintah daerah sangat terbatas.

“Kalau bicara masalah anggaran, APBD kami hanya Rp 2,7 triliun. Buat bayar gaji pegawai saja hampir Rp 2 triliun. Kapan kita bisa membangun kalau tidak menggandeng swasta?” tanya Haryanto retoris.

Ia menambahkan, mempermudah investor sama artinya dengan mendorong agar daerah tumbuh berkembang.

“Rakyat bisa bekerja, pertumbuhan ekonomi jalan, masyarakat sejahtera. Bukan berarti kita menghabisi pertanian. Kita membangun industri itu sesuai RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah),” ujar Haryanto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved