Berita Sukoharjo

Pernah Terjadi Perusakan Surat Suara, Bawaslu Minta Bantu Polres Sukoharjo Amankan Pemilu 2024

Polres Sukoharjo dan Bawaslu mulai berkoordinasi terkait penyelenggaraan Pemilu.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Bawaslu dan Polres Sukoharjo koordinasi terkait pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024, Selasa (12/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Polres Sukoharjo dan Bawaslu mulai berkoordinasi terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak pada 14 Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada November 2024.

Koordinasi dilaksanakan di Ruang Panjura Polres Sukoharjo, Selasa (12/7/2022) kemarin.

Dalam koordinasi tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, Bambang Muryanto, mengungkapkan, pada dasarnya hubungan komunikasi antara Bawaslu  dengan Polres Sukoharjo sudah berjalan secara baik, termasuk dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu

"Intinya koordinasi ini adalah Bawaslu meminta dukungan dan bantuan Polres Sukoharjo untuk melakukan pengawasan pelaksanaan pemilu," ujarnya, Rabu (13/7/2022) 

Bambang mengungkapkan kerawanan atau potensi pelanggaran Pemilu di Sukoharjo. Menurut dia, pada saat pelaksanaan pemilu di Sidoharjo, sering terjadi pelanggaran semisal perusakan surat suara, atau perangkat desa yang ikut melaksanakan kampanye. 

Karena itu, Bawaslu minta dukungan penuh  kepolisian untuk bersama melakukan pengawasan, termasuk menciptakan cooling down system, apabila terjadi gejolak dan polarisasi di masyarakat terkait pelanggaran pemilu. 

"Kita sadari anggota kita yang di bawah sangat minim, maka dari itu saya meminta bantuan kepada bapak Kapolres Sukoharjo memerintahkan Bhabinkamtibmasnya untuk ikut mengidentifikasi apabila ada  pelanggaran sekecil apapun di masyarakat," tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, Polres Sukoharjo siap mendukung pengawasan pelaksanaan pemilu di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Kapolres berharap Bawaslu bisa bersama-sama berperan sebagai Cooling Down system dalam pemecahan masalah yang berada di bawah sebelum menjadi permasalahan yang besar. 

Polres Sukoharjo juga akan memberdayakan para Bhabinkamtibmas  untuk melakukan bantuan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu. 

"Semoga tidak ada pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu kedepannya," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved