Dindagkop-UKM Pekalongan Ajari Pelaku Usaha Cara Tentukan Harga Jual Ekspor

Dindagkop-UKM Kota Pekalongan menggelar pelatihan ekspor tahap dua selama tiga hari di Hotel Horison Pekalongan, Selasa- Kamis (12-14/7/2022).

istimewa
Pemaparan materi export cost and pricing dalam pelatihan ekspor tahap dua di Hotel Horison Pekalongan, Rabu (13/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN- Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan menggelar pelatihan ekspor tahap dua selama tiga hari di Hotel Horison Pekalongan, Selasa- Kamis (12-14/7/2022).

Pelatihan tersebut bekerjasama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Eksport Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Eksport Nasional Kementerian Perdagangan.

Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Budiyanto mengatakan, pelatihan tahap dua ini merupakan pelatihan lanjutan dari kegiatan yang sudah digelar pada Juni 2022. 

Tujuannya untuk membekali pelaku usaha tentang komponen biaya ekspor dan penetapan harga jual ekspor dari suatu produk usaha lokal agar bisa bersaing secara global.

“Dalam pelatihan kedua ini, materinya sudah bertambah dan mengarah pada skill dan teknis. 

Di antaranya terkait kepabean seperti kepengurusan letter of credit ekspor, komunikasi dengan buyer, membuka pameran di luar negeri, komunikasi dengan kedutaan besar di luar negeri dan menginventarisir negara-negara sasaran mana yang cocok terhadap produk usaha mereka.

Lalu menjajaki pangsa pasar ekspor, serta membangun kepercayaan terhadap buyer agar kerjasama ekspornya bisa langgeng," kata Budiyanto dalam rilis yang diterima tribunjateng.com. 

Budiyanto mengatakan, para peserta dalam pelatihan ini tergolong pelaku usaha pemula. 

Meski begitu, dengan seiring diberikannya pelatihan ekspor ini mereka cukup bisa memahami dan mempraktekkan ilmu pelatihan yang didapatkan. 

Dalam pelatihan ekspor kali ini, para peserta juga diberikan materi mengenai cara menentukan komponen biaya dan penetapan harga jual ekspor dari produk usaha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved