Berita Sukoharjo

Makin Mudah, Orangtua di Sukoharjo Bisa Deteksi Status Gizi Anaknya dengan Pita LiLA

Stunting masih menjadi persoalan serius di berbagai daerah termasuk Sukoharjo.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengenakan pita LiLA ke balita saat launching LiLA di audit menara Wijaya, Selasa (12/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Stunting atau masalah gizi kronis masih menjadi persoalan serius di berbagai daerah termasuk Kabupaten Sukoharjo

Berbagai cara dilakukan Pemkab Sukoharjo untuk menekan angka stunting yang berkaitan dengan masalah gizi kronis itu. 

Di antaranya melalui LiLA, yakni program pengukuran Lingkar Lengan Atas balita dengan pita.  Sukoharjo termasuk kabupaten yang menerima program LiLA bekerjasama dengan Unicef. 

Bupati Sukoharjo Etik Suryani telah melaunching LiLA Keluarga bekerjasama dengan Unicef Indonesia di auditorium Menara Wijaya lantai 10, Selasa (12/7/2022) lalu.  

Penggunaan alat ukur ini cukup sederhana sehingga bisa dilakukan orang tua yang memiliki balita

Orang tua cukup melingkarkan pita LiLA ke lengan balita. Pita itu dilengkapi angka dan warna indikator yang mempresentasikan status gizi anak. 

Warna hijau pada pita menandakan status gizi anak normal, kuning menandakan kurang gizi, dan merah menandakan anak bermasalah dengan gizi. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Tri Tuti Rahayu mengatakan, program LiLA keluarga ini untuk memermudah deteksi dini kasus stunting di masyarakat. 

"Selama ini LiLA ibu hamil dilakukan kader atau bidan desa. Ini bisa dilakukan orang tua di rumah, " katanya, Kamis (14/7/2022) 

Ia mengatakan, program ini dilaksanakan sekaligus meningkatkan respon atau keterlibatan masyarakat terhadap penanganan stunting. 

Dengan peran keluarga balita, diharapkan sedini mungkin masalah gizi di masyarakat terdeteksi sehingga mempercepat penanganan. 

Untuk percepatan penanganan dan pencegahan stunting, selain LiLA keluarga, pihaknya melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Ia mengatakan, LiLA keluarga telah dilaksanakan di 8 Puskesmas di 8 kecamatan. Nantinya, program ini akan menyebar ke seluruh kecamatan di Sukoharjo

Setiap orang tua yang memiliki balita akan mendapatkan pita LiLA gratis agar bisa mendeteksi masalah gizi pada anaknya secara mandiri. 

"Kalau di warna kuning atau merah, bisa lapor ke bidan atau kader untuk selanjutnya dilakukan penanganan, " katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved