berita Sragen

PMI Sragen Salurkan Bantuan Jamban Sehat di Desa Jabung, Plupuh Sragen

PMI Sragen salurkan bantuan jamban sehat kepada warga kurang mampu di Desa Jabung.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Istimewa/PMI Sragen
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Ketua PMI Sragen dr Ismail Joko Sutrisno ketika mengecek pembuatan jamban sehat 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Palang Merah Indonesia (PMI) Sragen salurkan bantuan berupa jamban sehat kepada warga kurang mampu di Desa Jabung, Kecamatan Plupuh, Sragen.

Ketua PMI Sragen dr Ismail Joko Sutrisno mengatakan setidaknya ada sebanyak 48 unit dengan total bantuan Rp 72 juta diberikan di Desa tersebut, dimana per unit seharga Rp 1,5 juta.

"PMI memberikan bantuan pembuatan jamban sehat sebanyak 48 unit dengan nilai total Rp 72 juta. Per unitnya Rp 1,5 juta," kata Ismail kepada Tribunjateng.com, Kamis (14/7/2022).

Ismail melanjutkan tujuanya dalam bantuan jamban sehat ini guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Dia melanjutkan bantuan PMI ini, berasal dari masyarakat Sragen yang dikumpulkan melalui kupon bulan dana PMI. Dalam kata lain masyarakat juga ikut membantu dalam pembuatan jamban sehat tersebut.

"Dana tentu dari masyarakat yang kami kumpulkan dari bulan dana PMI. Sehingga masyarakat bisa turut membantu dalam pembuatan jamban sehat," katanya.

Desa Jabung, Plupuh juga menjadi sasaran Pemerintah Kabupaten Sragen untuk penuntasan kemiskinan secara gotong royong. Dengan itu, semua  lembaga yang terlibat dalam pengentasan kemiskinan.

"Ini dalam rangka pengentasan kemiskinan. Kami diminta langsung untuk membantu berupa jamban sehat. Pembuatannya secara tehnis sesuai standar USAID," lanjut Ismail.

Tidak hanya jamban sehat, Ismail melanjutkan PMI juga ada program  bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Dalam satu tahun ini ada 20 rumah. Per unitnya senilai Rp 7,5 juta. Biasanya RTLH diikutkan dalam kegiatan TMMD. (*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved