Berita Jepara

Puluhan PKL Terdampak Pembangunan Jembatan Kali Wiso, Pj Bupati Jepara Turun Tangan 'Ngelarisi'

Pedagang Kali Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang Jalan Ahmad Yani terdampak pembangunan Jembatan Kali Wiso

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: muslimah
Humas Pemkab Jepara
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menyerahkan bantuan kepada warga di sekitar Jalan Ahmad Yani, Sabtu (16/7/2022). Puluhan PKL terdampak pembangunan Jembatan Kali Wiso. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Pedagang Kali Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang Jalan Ahmad Yani terdampak pembangunan Jembatan Kali Wiso.

Akibatnya, jumlah pembeli berkurang dan secara otomatis omzet menurun.

Menanggapi keluhan ini, Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menggagas Gerakan “Nglarisi Dagangan” PKl di jalan tersebut.

Gagasan ini untuk memulihkan perekonomian di kawasan Kali Wiso.

Pada Sabtu (16/7/2022) malam, ia menggelar acara “jagongan dan pentas musik” di depan Rutan Jepara. Acara ini untuk meramaikan kawasan tersebut. Edy didampingi istri menyusuri pejalan tersebut untuk berbelanja di lapak-lapak milik PKL

Ratusan bungkus makanan yang dibeli oleh Pj Bupati itu kemudian dibawa ke depan Rumah Tahanan (Rutan) Jepara untuk dinikmati bersama masyarakat. 

Di jalan raya depan Rutan itu, Edy Supriyanta bahkan secara khusus menghadirkan grup musik untuk menarik perhatian masyarakat agar ikut juga nglarisi  dagangan para PKL ini.

"Kemarin ada laporan jika para PKL di sepanjang Jalan Ahmad Yani ini masih kurang omzetnya. Untuk itu saya nglarisi dagangan mereka. Mudah-mudahan ini dapat memberikan motivasi para pedagang dan pelaku UMKM di sepanjang jalan ini," kata Edy Supriyanta dalam keterangannya yang diterima tribunmuria.com, Senin (18/7/2022).

Menurutnya, aksi ini untuk menginspirasi warga lainnya agar tetap membeli dagangan para PKL Jalan Ahmad Yani meskipun akses jalan terganggu karena pembangunan jembatan Kali Wiso.

"Ayo kita tetap beli dagangan mereka sebagaimana dulu sebelum ada pengalihan arus lalu lintas. Agar para PKL ini tetap bisa bertahan dan maju," jelas dia.

Sementara acara pentas musik di depan Rutan Jepara cukup sukses menarik perhatian masyarakat. Ratusan orang hadir untuk menyaksikan dan makan bareng di kegiatan ini. Kapolres Jepara AKBP Warsono juga hadir di acara ini. 

Pj Bupati dan Kapolres secara khusus juga menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur masyarakat yang hadir. 

Di kegiatan ini Dinas Kesehatan juga menggelar vaksinasi kepada masyarakat. 

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati juga menyerahkan bantuan logistik kepada sejumlah warga di Jalan Ahmad Yani. Warga sekitar mengapresiasi kegiatan pentas musik yang diinisiasi oleh Pj Bupati ini. 

"Kami menginginkan agar kegiatan semacam ini digelar secara rutin," kata salah seorang warga. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved