Berita Sragen

Job Fair 2022 di Sragen, Ada 29 Perusahaan dan 3.000 Lowongan Pekerjaan

Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyelenggarakan Job Fair 2022 di Gedung Kartini selama dua hari

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyelenggarakan Job Fair 2022 di Gedung Kartini selama dua hari, Selasa dan Rabu (19-20/7/2022).

Dalam Job Fair ini setidaknya ada sebanyak 29 perusahaan dengan 3.000 lowongan pekerjaan. Kebanyakan merupakan perusahaan di bidang garmen.

Selain itu perusahaan di bidang manufaktur, perdagangan Alfamart Indomaret, keuangan BPR hingga PNM, hingga  pengiriman tenaga kerja luar negeri.

Perusahaan-perusahaan tersebut tidak hanya dari Kabupaten Sragen, melainkan juga dari Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo dan Kabupaten Klaten.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Muji Yuliyanto mengatakan target sasaran dalam Job Fair kali ini sebanyak 4.000 pencari kerja. Hingga tadi pagi, kata Yuli sudah ada 3.256 calon tenaga kerja yang mendaftar online.

"Target sasaran kami 4.000 pencari kerja, sampai tadi pagi yang mendaftar online sudah 3.256 calon tenaga kerja. Itu belum yang mendaftar secara langsung ke sini," katanya kepada Tribunjateng.com.

Yuli berharap dari Job Fair ini perusahaan bisa menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja, sehingga target dari tingkat pengangguran terbuka 2021 4,76 bisa di tahun 2022 menjadi 4,37 persen.

Dia mengatakan dari Job Fair tahun lalu
tenaga kerja yang bisa terserap mencapai 30-40 persen. Tahun ini diharapkan setidaknya 50 persen atau 1.000 pekerja bisa terserap.

Lebih lanjut Yuli menyampaikan kebanyakan lowongan pekerjaan di 29 perusahaan ini ialah lulusan SMA. Ke depan, pihaknya akan berusaha mencari perusahaan luar daerah yang membutuhkan lulusan S1.

"Semoga di Job Fair ini mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan. Pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan yang memang dipilih, perusahaan juga mendapatkan pekerja yang benar-benar kompeten," harapnya.

Meskipun kebanyakan lowongan untuk lulusan SMA, Job Fair ini juga menarik lulusan S1. Irul warga Kabupaten Karanganyar salah satunya. Irul yang lulusan perguruan swasta di Solo ini mengaku sudah menganggur sejak lulus 2021.

Sejak lulus dirinya belum mencoba bekerja di perusahaan manapun, dari Job Fair ini dia mengaku juga masih mencari-cari pekerjaan yang cocok dengannya. Dirinya berharap bisa segera mendapatkan pekerjaan.

Sementara itu, Job Fair ini telah dibuka langsung oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Dirinya berharap adanya Job Fair ini angka pengangguran di Kabupaten Sragen bisa menurun.

Job Fair ini terselenggara selama dua hari hingga esok hari. Bertempat di Gedung Kartini, Jalan Raya Sukowati Kabupaten Sragen dari pukul 08.30 sampai 15.00 WIB. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved