Berita Demak

Update Kericuhan Pilkades di Tlogorejo, Didik Setujui dan Daftar Pilkades

Kericuhan di Desa Tlogorejo karena salah satu bakal calon kades enggan tanda tangan.

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Rezanda Akbar D
Suasana Kericuhan saat pendaftaran Pilkades di Balai Desa Tlogorejo Kecamatan Guntur Demak, satu panitia pendaftaran jadi target amukan massa. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Beberapa waktu lalu kericuhan di Desa Tlogorejo, Kecamatan Guntur, Demak disebabkan salah satu bakal calon kepala desa yang enggan tanda tangan.

Kericuhan tersebut menyebabkan salah seorang panitia menjadi target amukan massa.

Bermula saat Didik Solaiman men

Suasana Kericuhan saat pendaftaran Pilkades di Balai Desa Tlogorejo Kecamatan Guntur Demak, satu panitia pendaftaran jadi target amukan massa.
Suasana Kericuhan saat pendaftaran Pilkades di Balai Desa Tlogorejo Kecamatan Guntur Demak, satu panitia pendaftaran jadi target amukan massa. (Tribun Jateng/Rezanda Akbar D)

olak menandatangani perjanjian yang berisi penjualan sebagian bengkok desa untuk menutupi pembiayaan Pilkades Desa Tlogorejo.

Estimasi pembiayaan Pilkades Desa Tlogorejo ditaksir mencapai Rp 148 juta, sedangkan total dana yang ada dari PADes dan sumbangan pemerintah hanya Rp 67 juta, sehingga untuk menutupi kekurangan tersebut dengan menjual sebagian bengkok desa yang diputuskan melalui musyawarah desa (musdes). 

Menanggapi adanya kericuhan itu, Ketua Panitia Pilkades Desa Tlogorejo, Sugito mengatakan sudah dilakukan mediasi dengan bagian hukum Dinpermasdesp2kb Demak, sehingga untuk hasil masih sama-sama menunggu. 

"Kita sama-sama konsultasi ke kabupatennya terutama difasilitasi oleh kabag hukum dan Dinpermasdes yang setelah mediasi sama-sama sepakat baik dari pihak tim pemenangan calon maupun pihak panitia menunggu hasil dari kabupaten apapun hasilnya sama-sama bisa menerima dengan hati yang legowo," terang Ketua Pilkades Desa Tlogorejo, Sugito, Selasa (19/7/2022).

Adapun terkait insiden tempo hari menurutnya tidak mengganggu tahapan Pilkades Desa Tlogorejo, bahkan balonkades Didik Solaiman yang dikabarkan gagal daftar sudah diterima pendaftarannya dan balonkades lainnya. 

"Tahapan tetap jalan karena itu tidak mengganggu tahapan terbukti kemarin sehabis mediasi kami terima dari atas nama Didik Solaiman dan Yugo Agung Bowo ," terangnya.

Terkait pemberkasan juga semua sudah lengkap.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved