Otomotif

Manakah Lajur Aman di Tol, Kanan Atau Tengah? Ini Penjelasannya

Mengemudi di jalan tol yang aman sebaiknya di lajur kiri, lajur tengah, atau lajur kanan? Jalan tol di Indonesia umumnya terdiri dari beberapa lajur

Editor: m nur huda
itsinternational.com
Mengemudi di jalan tol yang aman sebaiknya di lajur kiri, lajur tengah, atau lajur kanan? 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Mengemudi di jalan tol yang aman sebaiknya di lajur kiri, lajur tengah, atau lajur kanan?

Di Indonesia, jalan tol umumnya terdiri dari beberapa lajur. Masing-masing memiliki fungsi untuk keamanan dan keselamatan pengguna kendaraan.

Lajur paling kiri merupakan bahu jalan yang digunakan untuk keadaan darurat, di mana kendaraan terpaksa harus berhenti.

Kemudian, di sampingnya lajur lambat yang dilalui oleh kendaraan angkutan barang besar seperti truk.

Di sampingnya, ada lajur kedua dan ketiga untuk kendaraan yang berjalan konstan. Lajur paling kanan atau lajur keempat merupakan lajur untuk mendahului.

Umumnya, pengemudi pemula yang melintasi jalan tol cenderung menggunakan lajur paling kiri atau lajur lambat.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, hal tersebut berbahaya karena membuat pengemudi berada di antara kendaraan-kendaraan besar, yang titik buatnya cukup banyak.

"Takutnya, mereka memilih lajur paling kiri karena takut dengan kendaraan yang melaju dengan cepat, tapi malah beresiko jika di belakang kendaraan besar. Sedangkan, titik buta kendaraan besar tersebut cukup banyak," kata Roslianna pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, pengemudi pemula kerap melakukan teknik pindah lajur di jalan tol yang masih ragu-ragu. Padahal, teknik pindah lajur yang salah akan membahayakan pengemudi dan pengguna jalan yang lain.

Roslianna menyarankan pengemudi untuk didampingi dengan orang yang kompeten, hingga pengemudi pemula sudah dinyatakan aman dalam mengikuti aturan jalan tol.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved