Berita Kendal

32 Siswa SMAN 1 Kaliwungu Kendal Pasang Poster Pencegahan Narkoba di Poskampling

Cara unik dilakukan siswa-siswi SMAN 1 Kaliwungu dalam kampanye pencegahan narkoba. 

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Siswa SMAN 1 Kaliwungu Kendal bersama tenaga pendidik, BNNK, perangkat desa, TNI-Polri, dan mahasiswa melakukan aksi penempelan poster pencegahan narkoba di poskamling Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Rabu (20/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Cara unik dilakukan siswa-siswi SMAN 1 Kaliwungu, Kabupaten Kendal dalam hal mengkampanyekan pencegahan narkoba. 

Sebanyak 32 siswa kelas XI dan XII menempelkan poster bertuliskan tentang pencegahan narkoba di fasilitas umum. Namun, para siswa tidak memilih fasilitas umum di pinggir jalan, melainkan poskampling yang biasa dijadikan tempat berkumpul banyak orang.

Kepala SMAN 1 Kendal, Siti Nur Wiq

Siswa SMAN 1 Kaliwungu Kendal bersama tenaga pendidik, BNNK, perangkat desa, TNI-Polri, dan mahasiswa melakukan aksi penempelan poster pencegahan narkoba di poskamling Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Rabu (20/7/2022).
Siswa SMAN 1 Kaliwungu Kendal bersama tenaga pendidik, BNNK, perangkat desa, TNI-Polri, dan mahasiswa melakukan aksi penempelan poster pencegahan narkoba di poskamling Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Rabu (20/7/2022). (Tribun Jateng/Saiful Ma'sum)

owati mengatakan, Kaliwungu merupakan daerah pinggiran yang rawan terjadi penyalahgunaan narkoba. 

Karena itu, kata dia, pihaknya menerjunkan sejumlah siswa bersama pemerintah desa setempat dan mahasiswa untuk terlibat langsung dalam aksi menolak narkoba.

Siti mengatakan, dengan program ini, siswa akan terdidik memiliki sifat malu agar tidak terjerumus pada narkoba. Artinya, mereka teredukasi tentang bahaya narkotika jenis apapun sejak dini, sehingga tidak berani menggunakan maupun mengedarkannya. 

"Anak-anak nantinya terdidik anti narkoba betul. Program ini menggugah mereka juga dalam berkiprah di masyarakat, untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba," terangnya, Rabu (20/7/2022).

Siti menerangkan, setidaknya ada 10 poster dengan berbagai macam tulisan pencegahan narkoba yang dipasang di beberapa poskampling Desa Protomulyo.

Para siswa dibantu tenaga pendidik, perangkat desa, mahasiswa, TNI, dan Polri memasang langsung poster yang sudah disiapkan.

Dengan maksud, masyarakat yang membacanya bakal teredukasi jangan sampai terjerumus pada penyalahgunaan narkoba. 

"Di SMAN 1 Kaliwungu pada 2022 meluncurkan sekolah siaga kependudukan, salah satu bagiannya adalah sekolah bersih dari narkoba dan obat terlarang (bersinar terang). Ada puluhan siswa yang kami libatkan, baik laki-laki maupun perempuan," tuturnya. 

Pegiat P4GN Desa Protomulyo, Teguh Adi Prasojo menjelaskan, pihaknya selalu menerima laporan temuan kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah Protomulyo setiap tahunnya. 

Melalui kerjasama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), pemerintah desa, sekolah, TNI, dan Polri, Teguh berharap bisa menekan angka penyalahgunaan narkoba di wilayah Protomulyo lebih maksimal.

"Dengan program ini, harapannya agar warga lebih tahu bahwa Protomulyo jadi desa prioritas bersih narkoba. Tingkat penyalahgunaan narkoba di Protomulyo berkurang, kalau bisa zero narkoba," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved