Berita Kendal

Satu Jemaah Haji Asal Kendal Meninggal di Makkah, Rombongan Asal Kabupaten Kendal Kembali

Tangis haru ratusan warga mewarnai suasana penyambutan rombongan haji asal Kabupaten Kendal kembali dari Tanah Suci, Jumat (22/7/2022)

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
BERPELUKAN: Jemaah haji asal Kabupaten Kendal tiba di Pendopo Tumenggung Bahurekso dan disambut keluarga dengan pelukan, Jumat (22/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Tangis haru ratusan warga mewarnai suasana penyambutan rombongan haji asal Kabupaten Kendal kembali dari Tanah Suci, Jumat (22/7/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Dari jumlah 493 jemaah haji yang berangkat, sebanyak 308 jemaah yang tergabung dalam kloter 10 tiba di Kabupaten Kendal sekiranya pukul 15.00 WIB. Sisanya, 185 jemaah yang tergabung dalam kloter 11 diperkirakan sampai di Kabupaten Kendal pada Sabtu (23/7/2022) dini hari pukul 01.55 WIB.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kendal, Mahrus mengatakan, dari total jemaah yang berangkat asal Kabupaten Kendal, satu jemaah bernama Mustaji (59) asal Dusun Kacangan Lor, Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung meninggal di Makkah.

Kata dia, Mustaji meninggal pada 19 Juli terkonfirmasi sakit diabetes yang diderita sejak sebelum berangkat. Jenazah dimakamkan di Makkah sebagaimana jemaah lain yang meninggal. 

"Yang bersangkutan di Makkah juga sering keluar-masuk rumah sakit mendapatkan penanganan medis, meninggal bukan karena Covid-19. Dan dia sudah melaksanakan Tawaf Ifadah, sehingga sudah selesai melaksanakan haji secara sempurna," terangnya.

Sementara itu, Mahrus menyebutkan, ada tiga jemaah dari kloter 10 yang mendapatkan penanganan medis saat perjalanan pulang. Dua orang di antaranya dilarikan ke RSUD Dr Moewardi Surakarta karena mengalami sakit, dan seorang jemaah dilarikan ke RSUD Dr Soewondo Kendal.

Dia menerangkan, ketiga jemaah mengalami sakit bawaan seperti diabetes, sehingga perlu mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

"Alhamdulillah, untuk kloter 11 saat ini dalam keadaan sehat. Semoga tidak ada yang sakit, dan semua kembali ke rumah masing-masing dengan sehat," harapnya.

Mahrus menegaskan, semua jemaah haji asal Kabupaten Kendal negatif Covid-19 dalam perjalanan pulang. Hasilnya diketahui setelah melakukan tes PCR di debarkasi Solo. 

Dia mengimbau kepada semua jemaah haji agar menyegerakan mandi dan ganti pakaian setelah sampai di rumah masing-masing, untuk menghindari potensi penularan virus. Setelah itu bisa menemui keluarga dan sanak family.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved