Berita Semarang

Sempat Gagal Bangun, Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang Mulai Kembali Dikerjakan oleh Rekanan Baru

Proyek Jembatan Kaca Tinjomoyo mulai kembali dikerjakan setelah gagal bangun pada 2021 lalu karena rekanan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan

dok DPU Kota Semarang 
Kontraktor mulai melakukan pengerjaan Jembatan Kaca Tinjomoyo.  

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Proyek Jembatan Kaca Tinjomoyo mulai kembali dikerjakan setelah gagal bangun pada 2021 lalu karena rekanan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.

Kini, pembangunan jembatan yang digadang untuk dongkrak pariwisata di Kota Semarang mulai kembali dikerjakan oleh rekanan yang baru.

Pemerintah Kota Semarang telah mendapatkan rekanan baru yaitu CV Banowati Enco untuk menyelesaikan proyek Jembatan Kaca Tinjomoyo. 

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suriyaty mengatakan, progres saat ini masih pekerjaan dasar yakni mengejar pembangunan kaki-kaki jembatan.

Ada perubahan konstruksi pada bagian dasar. 

Pada 2021 lalu, perencanaan dasar jembatan menggunakan sumuran, sedangkan pada 2022 ini ada perubahan konstruksi dengan cor siklop full. Tentunya, perubahan konstruksi ini agar jembatan lebih kokoh. 

"Sekarang, pembangunan jembatan kaca yang tahun lalu sempat gagal sudah dibangun dengan rekanan yang baru. Progres baru pekerjaan dasar," terang Atik, sapaannya, Senin (25/7/2022). 

Selain pembangunan dasar jembatan di lapangan, pihaknya juga memantau pembuatan gerder dan kaca yang nantinya digunakan untuk jembatan. Menurutnya, pihak perusahaan sudah menyanggupi penyediaan kaca dan gerdernya. 

"Pekerjaan utama pembangunan jembatan kaca dengan lantai tempered laminated glass per segmen 2,5 × 1,5 m dengan tebal 61,56 mm. Sedangkan, bentang jembatan 64 m dan lebar 1,5 m," rincinya. 

Atik membeberkan, proyek Jembatan Kaca Tinjomoyo dikerjakan oleh CV. Banowati Enco dengan nilai pagu anggaran Rp 11.102.762.061. Dia menargetkan, proyek ini selesai akhir tahun 2022 dan bisa menjadi jujukan destinasi wisata baru di ibu kota Jawa Tengah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved