Berita Kendal

Bantu UMKM, Koekraf Borong Produk di Pekan Raya Kendal

Koekraf Kendal menggelar aksi Tumbas-tumbas produk di Pekan Raya Kendal (PRK).

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Penggiat Komite Ekonomi Kreatif (Koekraf) Kendal menggelar aksi 'tumbas-tumbas' produk di Pekan Raya Kendal (PRK) lokasi Stadion Kebondalem, Selasa (26/7/2022) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Penggiat Komite Ekonomi Kreatif (Koekraf) Kendal menggelar aksi Tumbas-tumbas produk di Pekan Raya Kendal (PRK) berlokasi di Stadion Kebondalem, Selasa (26/7/2022) malam.

Aksi ini dilakukan untuk membantu para UMKM dengan cara membeli produk lokal yang dipamerkan.  

Mereka memborong puluhan produk berbagai jenis untuk diperkenalkan kembali ke luar kabupaten/kota.

Sekretaris Koekraf Kendal, Iwan Kurniawan mengatakan, aksi gerakan 'tumbas-tumbas' merupakan bentuk kepedulian dan dukungan kepada produk lokal UMKM.

Pihaknya memberikan motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus meningkatkan produknya dengan cara melakukan inovasi agar memiliki nilai jual lebih.

"Kami melihat banyak potensi produk UMKM dari Kendal yang bagus dan menarik. Namun selama ini masih kurang dilirik di setiap kegiatan pameran. Ini yang membuat kami merasa terpanggil dan mencoba membantu pelaku ekonomi kreatif dengan cara membeli produk dan mempromosikannya," terang dia.

Iwan menjelaskan, pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan beberapa kolega yang ada di luar daerah untuk membantu promosikan produk. 

"Nantinya, produk yang sudah diborong akan dikirimkan ke luar daerah, sekaligus memperkenalkan bahwa di Kendal banyak produk UMKM yang bagus. Dari sini kita bisa mengenalkan dan mempromosikan produk UMKM lebih luas lagi," katanya. 

Seorang warga, Rahayu Sulistyowati menjadi satu di antara agen pemborongan barang. Kata dia, banyak produk lokal Kendal yang seharusnya menarik dan punya nilai jual, namun belum bisa dikemas lebih menarik.

"Ternyata banyak produk UMKM Kendal yang tidak kalah dengan produk dari daerah lain. Kreatifitas pengusaha lokal ini perlu didukung terus, dan ternyata produknya tidak kalah, harganya juga ekonomis," ujarnya.  

Pujiono, pelaku UMKM dari Patean menegaskan, hadirnya Koekraf memberikan angin segar bagi pelaku UMKM untuk terus bertahan dan meningkatkan mutu produk masing-masing.

Dengan itu, produk asal Kabupaten Kendal akan lebih dikenal dan diminati banyak kalangan. 

"Kami senang karena produk UMKM dari Kendal banyak yang suka. Biasanya dalam setiap pameran atau bazar, jarang sekali laku hanya melihat-lihat saja," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved