Berita Salatiga

Bangun JUT Tingkir Lor Kota Salatiga, Sinoeng: Menambah Keguyuban dan Kerukunan Kelompok Tani

Kelurahan Tingkir Lor Kota Salatiga dapat anggaran Rp 400 juta untuk membangun JUT.

Penulis: Hanes Walda Mufti U | Editor: sujarwo
Tribunjateng.com/Hanes Walda
Pj Wali kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi meninjau sawah dan saluran irigasi di Tingkir Lor Kota Salatiga, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Kelurahan Tingkir Lor Kota Salatiga dapat anggaran sebesar Rp 400 juta untuk membangun Jalan Usaha Tani (JUT).

Dalam kesempatan ini, Pj Wali Kota Salatiga bersama Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Salatiga lakukan peletakan batu pertama pembangunan JUT.

Kepala Dispangtan Kota Salatiga, H

Pj Wali kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi  tinjau sawah dan saluran irigasi di Tingkir Lor Kota Salatiga, Rabu (27/7/2022).
Pj Wali kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi tinjau sawah dan saluran irigasi di Tingkir Lor Kota Salatiga, Rabu (27/7/2022). (Tribunjateng.com/Hanes Walda)

enni Mulyani, mengatakan bahwa pembangunan ini merupakan empati terhadap seluruh lapiran masyarakat khususnya petani di Kota Salatiga.

“Hal ini salah satu program Dispangtan Kota Salatiga untuk memperkuat sinergi dengan mitra kerja, baik itu dari masyarakat pada umumnya maupun dari instansi pada khususnya,” kata Henni kepada Tribunjateng.com, Rabu (27/7/2022).

Dalam pelaksanaannya, pembangunan JUT ini akan dilakukan kelompok tani Sri Mulih dengan didampingi fasilitator.

Pihak dinas juga membantu dari segi material yakni pasir dan batu.

“Pelaksanaannya kami serahkan kepada kelompok tani, agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan dari kami juga membantu dari segi material seperti pasir dan batu,” paparnya.

JUT ini lebarnya dua m dengan panjang 405.6 m dan terdapat saluran air sepanjang 130 m.

Waktu pengerjaan JUT ini ditargetkan selesai sekitar tiga bulan dari sekarang.

“Semoga dengan adanya pembangunan ini menjadi tonggak untuk program selanjutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Wali kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi mengaku pembangunan JUT ini dapat meningkatkan efektivitas para petani Tingkir Lor saat bekerja.

“Karena ini dilakukan secara swadaya, itu akan menambah keguyuban dan kerukunan kelompok tani, kami sangat mengharapkan bukan hanya soal kuantitas produksi tapi juga ketahan pangan bisa terjaga,” kata Sinoeng.

Dirinya menambahkan bahwa program ini tidak hanya bantuan dari pemkot melalui Dispangtan, melainkan hasil kolaborasi dengan DPRD Kota Salatiga.

“Bukan tidak mungkin nantinya juga akan ada lahan-lahan yang bisa dikembangkan lagi,” ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved