Ekonomi Kendal Ditarget Tumbuh 7 Persen

Kendal Recovery Jadi Fokus Bupati Dico di Momentum Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal

Pemkab Kendal menggarap serius pertumbuhan ekonomi daerah pasca pandemi Covid-19.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Bupati Kendal Dico M Ganinduto 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal menggarap serius pertumbuhan ekonomi daerah pasca pandemi Covid-19.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menarget, Hari Ulang Tahun (HUT) ke-417 Kabupaten Kendal jadi momentum untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Kendal hingga 7 persen.

Target tersebut dipatok Dico de

Bupati Kendal mendampingi Airlangga Hartarto dan Agung Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi KIK Kendal.
Bupati Kendal mendampingi Airlangga Hartarto dan Agung Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi KIK Kendal. (TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM)

ngan melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat dalam memeriahkan event Pekan Raya Kendal (PRK) di Stadion Kebondalem Kendal.

Bupati Dico mengatakan, saat ini, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi ujung tombak peningkatan ekonomi daerah. Selain itu, sektor pariwisata, industri, dan sumber daya manusia (SDM) tetap menjadi fokus pilar pembangunan Kabupaten Kendal hingga beberapa tahun ke depan.

Dico berharap, roda perekonomian UMKM berputar cepat selama perayaan Pekan Raya Kendal untuk memulihkan kembali ekonomi pelaku usaha.

"Pekan Raya Kendal saya lihat sangat ramai, antusias masyarakat begitu tinggi. Kami setting tempat lebih luas dalam satu lokasi, agar dampak pada ekonomi UMKM terlihat jelas. Mudah-mudahan hasilnya cukup tinggi untuk menggeliatkan kembali perekonomian UMKM," terangnya di Kendal, Rabu (27/7/2022).

Dico menuturkan, ada ratusan pelaku usaha yang memeriahkan Pekan Raya Kendal di Stadion Kebondalem. Kata dia, mereka kewalahan melayani pesanan pembeli setiap harinya dengan omzet mencapai Rp 1 juta - Rp 10 juta per hari. 

Dia memastikan, ekonomi UMKM Kendal akan terus tumbuh sebagai tombak bangkitnya perekonomian daerah.

Pihaknya bakal menyiapkan konsep yang serupa dengan Pekan Raya Kendal untuk bisa diterapkan secara berkala tanpa harus menunggu momentum hari jadi kabupaten. 

"Memang target kami pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal tahun 2022 ini melambung tinggi. Dasarnya ada pada peran UMKM dan wisata di angka 7 persen. Ini kami dorong terus agar semua OPD bisa mendukung semaksimal mungkin," tuturnya.

Genjot Program Lanjutan

Momen HUT Kendal tidak serta merta menjadi titik akhir perjuangan Bupati Dico untuk membawa Kendal lebih baik lagi.

Dia menegaskan, pasca HUT ke-417 tahun ini, pihaknya bakal menggenjot program pemerintah yang sudah disusun. Termasuk pembangunan infrastruktur, program bantuan keuangan khusus desa berbasis dusun, dan beberapa program lainnya. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved