Berita Sukoharjo

Yatmi Sulap Kulit Kambing Jadi Kerajinan Kaligrafi, Ekspor ke Malaysia dan Turki

Ada kesibukan di rumah Yatmi, warga Dukuh Sonorejo Kelurahan Sonorejo, Sukoharjo.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Ada kesibukan di rumah Yatmi, warga Dukuh Sonorejo Kelurahan Sonorejo, Sukoharjo saat siang hari, Rabu (27/7/2022). 

Ia dan menantunya, Fatimah telaten membuat kerajinan kaligrafi. Tangan mereka cukup cekatan menyelesaikan pekerjaan rumit itu.  Beberapa ruang di rumahnya penuh dengan tumpukan kerajinan kaligrafi.

Yatmi produksi kerajinan kaligrafi dari kulit kambing di Kelurahan Sonorejo, Sukoharjo, Rabu (27/7/2022),.
Yatmi produksi kerajinan kaligrafi dari kulit kambing di Kelurahan Sonorejo, Sukoharjo, Rabu (27/7/2022),. (Tribun Jateng/Khoirul muzaki)

Bukan sembarang hiasan kaligrafi. Kerajinan itu berbahan dasar kulit kambing. Ayat-ayat Al Quran dengan huruf Arab yang tercetak di atas kulit hewan tampak  tegas. 

Bagian kulit lain di luar tulisan itu masih berbulu. Bulu di kulit itu sengaja disisakan sehingga menimbulkan kesan natural yang menjadi kelebihan kerajinan ini. 

Yatmi merintis usaha kerajinan kaligrafi dari kulit kambing sejak 2010 silam. Awalnya, suaminya hanya menjualkan kerajinan milik pengrajin ke Jakarta.  Lama-lama, ia pun kepincut membuka usaha sendiri di rumah dengan keuntungan menjanjikan. 

"Awalnya bapak (suami) menjualkan punya orang. Terus buka usaha sendiri, "katanya, Rabu (27/7/2022) 

Awalnya ia melukis atau mewarnai kaligrafi di atas media kulit kambing secara manual. Tapi cara itu membutuhkan tingkat kesabaran tinggi. Proses produksi juga membutuhkan waktu lama. 

Akibatnya ia tak mampu melayani permintaan dalam partai besar. Belakangan ia mencetak tulisan Arab itu dengan sablon sehingga  pekerjaan lebih cepat dan rapi. 

Usahanya terus berkembang. Pemasaran produknya bukan hanya di dalam negeri, namun sampai mancanegara. 

Tiap tiga bulan sekali, ia bersama produsen lain mengirim puluhan ribu kerajinan kaligrafi ke Turki dan Malaysia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved