Berita Pekalongan

KPU Kabupaten Pekalongan Sosialisasi PKPU tentang Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024

KPU Kabupaten Pekalongan gelar sosialisasi peraturan KPU (PKPU) nomor 4 tahun 2022.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal saat memberikan sambutan di sosialisasi peraturan KPU (PKPU) nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024, di Hotel Gran Dian Hotel Pekalongan, Kamis (28/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan menggelar sosialisasi peraturan KPU (PKPU) nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024, di Hotel Gran Dian Hotel Pekalongan, Kamis (28/7/2022).

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal saat memberikan sambutan di sosialisasi peraturan KPU (PKPU) nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024, di Hotel Gran Dian Hotel Pekalongan, Kamis (28/7/2022).
Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal saat memberikan sambutan di sosialisasi peraturan KPU (PKPU) nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024, di Hotel Gran Dian Hotel Pekalongan, Kamis (28/7/2022). (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

Abi Rizal mengatakan, sosialisasi ini sangat penting sekali karena ada norma-norma baru yang mungkin berbeda pada pemilu sebelumnya.

"Di antaranya adalah partai lama yang sudah mempunyai kursi di DPR ini sekarang tidak di verifikasi faktual, tapi cukup verifikasi administrasi. Tapi, untuk partai politik yang tidak mempunyai kursi di DPR dan partai baru ini ada verifikasi administrasi dan faktual ini yang baru," kata Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal kepada Tribunjateng.com.

Kemudian untuk pendaftaran partai politik semua terpusat pada KPU RI, dengan menerapkan sistem informasi partai politik (Sipol).

"Kami KPU yang berada di kota atau kabupaten hanya menunggu, karena pendaftaran partai politik satu pintu di KPU RI."

"Partai politik sudah diberikan bimtek oleh KPU RI terkait PKPU nomor 4 tahun 2022, dan harapannya parpol itu sudah memberikan bimtek seluruh jajarannya," imbuhnya.

Abi mengungkapkan, untuk tahapan-tahapan pemilu 2024 tidak ada perbedaan, kalau melihat di PKPU nomor 3 2022 tahapan itu memang yang diatur hanya tahapan-tahapan yang besar.

Akan tetapi, untuk tahapan-tahapan yang kecil seperti, sosialisasi, lalu requirement badan Adhoc itu tidak diatur, tapi diatur sendiri di SK masing-masing KPU.

"Kalau tahapan pemilu sendiri yaitu, pendaftaran partai politik dimulai Jum'at (29/7/2022) hingga Minggu (31/7/2022)," imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, untuk saat ini jumlah parpol di Kabupaten Pekalongan ada 16 parpol, namun di tahun 2019 ada dua parpol dicoret karena belum ada konfirmasi dan pengurusnya.

"Dua parpol yang dicoret pada tahun 2019 yaitu partai PKPI dan Partai Garuda."

"Ada empat partai baru yang sudah menyampaikan ke KPU Kabupaten Pekalongan, di antaranya Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Buruh, dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN)," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved