Berita Tegal

Pemkab Tegal Raih Anugerah Pembinaan UMKM, "Kami Bangga" 

Bupati Tegal Umi Azizah meraih anugerah pembinaan UMKM dari Suara Merdeka Network.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemkab Tegal
Asisten Administrasi Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji, menerima piagam anugerah pembinaan UMKM dari Suara Merdeka Network di ajang Kepala Daerah Inovatif Award. Berlokasi di Hotel Patrajasa, Semarang, Rabu (27/7/2022). Penyerahan piagam dilakukan oleh Ketua Apindo Jawa Tengah, Frans Kongi. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Dinilai inovatif dalam membantu pemasaran usaha mikro, ultra mikro dan kecil selama masa pandemi, Bupati Tegal Umi Azizah, meraih anugerah pembinaan UMKM dari Suara Merdeka Network, di ajang Kepala Daerah Inovatif Award yang digelar bersamaan dengan Satria Brand Award 2022, di Hotel Patrajasa, Semarang belum lama ini. 

Apresiasi ini diberikan kepada sejumlah kepala daerah di Jawa Tengah yang dinilai memiliki gagasan inovatif dalam pembangunan daerah di masa pandemi. 

Proses seleksi dan penilaian gagasan oleh Suara Merdeka Network dilakukan sejak tahun 2021, dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kominfo Jawa Tengah.

Adapun tema yang diusung pada penilaian Kepala Daerah Inovatif Award 2022 ini adalah kiprah pantang menyerah, ketangguhan bupati dan wali kota di Jawa Tengah, dalam mengokohkan pembangunan di masa pandemi Covid-19.

Hadir mewakili Bupati Tegal, Asisten Administrasi Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji, mengaku bangga atas diraihnya penghargaan dari lembaga media terkemuka di Jawa Tengah tersebut.

Hendadi mengatakan, kebijakan pembatasan aktivitas dan mobilitas selama pandemi lalu sangat memukul kehidupan perekonomian pelaku usaha kecil, mikro dan ultra mikro. 

Sementara upaya konvergensi pemasaran produknya masuk ke pasar digital masih terkendala literasi digital pelaku UMKM.

Namun di sisi lain, pembatasan di masa pandemi tersebut justru membuka peluang pasar ekonomi digital yang berkembang semakin pesat, seiring bertambahnya pengguna internet dan media sosial.

Dari sini, sambung Hendadi, Bupati Tegal berikhtiar membantu pemasaran produk UMKM yang dikemas lewat program tayangan Jalabia atau jualan bareng Umi-Ardie.

“Prosesnya sederhana, pelaku UMKM diidentifikasi dan dibantu pembuatan video profil usahanya dengan tampilan visual yang menarik untuk kemudian diunggah ke media sosial. Otomatis, dari sana ada ribuan orang menonton. Dari sana pula tak sedikit pesanan yang kemudian masuk ke pelaku usaha usai Jalabia ditayangkan,” terang Hendadi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (29/7/2022). 

Sementara itu terpisah, Bupati Tegal, Umi Azizah, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Suara Merdeka Network atas anugarah pembinaan UMKM yang diberikan. 

Menurutnya, pembinaan UMKM menjadi bagian dari upaya menjaga stabilitas perekonomian daerah yang tertekan hebat selama pandemi Covid-19. 

"Selain membantu pemasaran produk lewat media sosial, kami juga merespon momen menguatnya ekonomi digital dan lokapasar dengan mendorong transformasi digital pelaku UMKM, melalui program UMKM Tegal Go Digital, bekerja sama dengan PT Kasyr Sibernetika Indonesia," imbuh Umi. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved