Berita Kabupaten Tegal

Satlantas Polres Tegal Gencar Lakukan Razia Odong-odong: Sanksi Bisa Kena Tilang

Satlantas) Polres Tegal, gencar melakukan operasi (razia) yang sasaran utamanya pengendara kereta wisata atau biasa dikenal dengan nama odong-odong

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
Istimewa
Tim gabungan Satlantas Polres Tegal, bersama Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP Kabupaten Tegal, sedang melaksanakan razia menyasar pengendara kereta wisata atau odong-odong yang melintas di jalan raya utama masuk wilayah Kecamatan Talang, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal, gencar melakukan operasi (razia) yang sasaran utamanya pengendara kereta wisata atau biasa dikenal dengan nama odong-odong.

Tidak berlangsung dalam waktu dekat ini saja, razia yang menjaring pengendara odong-odong sebelumnya juga sudah pernah dilakukan.

KBO Satlantas Polres Tegal, Ipda Puspa Mayangsari, menjelaskan bahwa kendaraan odong-odong ini tidak sesuai dengan peruntukkannya.

Karena seharusnya odong-odong ini digunakan hanya di area wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh, apalagi sampai ke jalan umum atau jalan raya.

Baca juga: Viral Rekaman Telfon Diduga Kopda Muslimin Kepada Pekerjanya Sebelum Meninggal: Ibuk Galak Bul

Baca juga: Pencuri Spesialis Pondok Pesantren di Banyumas Ditangkap Polisi, Biasa Ambil HP Milik Santri

Sedangkan yang marak saat ini, odong-odong malah digunakan sebagai alat transportasi dari tempat satu ke tempat lainnya, dengan jarak yang jauh.

Belum lagi, odong-odong juga terkadang disewa untuk mengantar ke acara pernikahan, kondangan, dan lain-lain.

"Kami secara konsisten terus melakukan razia atau penertiban odong-odong, tapi untuk waktunya kapan memang tidak kami tentukan atau beritahukan. Tapi yang pasti kami berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, dan dibantu Satpol PP," jelas Ipda Mayang, saat ditemui Tribunjateng.com, Jumat (29/7/2022).

Belum lama ini, tepatnya Rabu (27/7/2022) lalu, Satlantas Polres Tegal bersama Dishub dan Satpol PP Kabupaten Tegal, melaksanakan razia odong-odong di daerah Kecamatan Talang.

Pada razia tersebut, tim berhasil mengamankan satu odong-odong yang kedapatan sedang membawa rombongan penumpang.

"Pengemudi kami tilang, dan yang bersangkutan nantinya tetap akan kami panggil untuk dimintai klarifikasi atau penjelasan terlebih dahulu," ungkapnya.

Tidak menampik, adanya razia odong-odong ini menurut Ipda Mayang, juga sebagai langkah antisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan fatal seperti yang terjadi di daerah Serang, yaitu odong-odong tertabrak kereta api menyebabkan 9 orang meninggal dunia.

Meskipun sebenarnya, jauh-jauh hari sebelum kecelakaan maut tersebut terjadi, Satlantas Polres Tegal sudah sering melakukan sosialisasi bahwa kendaraan odong-odong tidak diperbolehkan beroperasi sampai di jalan raya karena berbahaya.

Tidak hanya menyasar pengemudi saja, disini Satlantas Polres Tegal juga tetap mencari informasi bengkel atau tempat yang menjadi lokasi modif, merakit odong-odong.

Jika nantinya memang ditemukan di wilayah Kabupaten Tegal, maka tim akan langsung bergerak kemudian memberikan imbauan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved