Berita Semarang

Wali Kota Hendi Resmikan Monumen Swastisaba Wistara di Siranda Semarang

Swastisaba Wistara merupakan sebuah penghargaan kota sehat tertinggi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: muslimah
Humas Pemkot Semarang
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi bersama jajaran Pemerintah Kota Semarang berfoto bersama di monumen monumen Swastisaba Wistara, Jumat (29/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, bersama Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi meresmikan monumen Swastisaba Wistara di median jalan Siranda, Jumat (29/7/2022). 

Swastisaba Wistara merupakan sebuah penghargaan kota sehat tertinggi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Kota Semarang sudah mendapat predikat Swastisaba Wistara. 

Hendi, sapaan akrabnya berharap, hadirnya monumen Swastisaba Wistata ini bisa mempercantik tatanan kota sekaligus sebagai tetenger bahwa Kota Semarang sudah berada di puncak tertinggi predikat kota sehat.

Baca juga: 7 Potret Margin Wieheerm Istri Ali Syakieb, Disebut Mirip Dewi Perssik

Baca juga: Profil Ali Saleh Alhuraiby Menantu Anies Baswedan Nikahi Mutiara Annisa Hari Ini

"Mulai 2015, 2016, 2017, sampai 2021, ada tahapan penilaian kota. Kita sekarang ada di puncak tertinggi kota Swastisaba Wistara," papar Hendi

Menurutnya, ini menjadi pengingat bagi seluruh pihak, termasuk warga Kota Semarang bahwa prestasi yang telah dicapai harus dipertahankan dan dirawat dengan baik. 

Jika perlu, kota sehat ini bisa semakin ditingkatkan sehingga ibu Kota Jawa Tengah ini semakin sehat dan nyaman dihuni. 

"Apa yang dicapai harus dipertahankan, dirawat dengan baik. Syukur-syukur bisa ditingkatkan untuk kemaslahatan masyarakat Kota Semarang," ucapnya. 

Monumen Swastisaba Wistara sekaligus taman pasif di median jalan Siranda ini dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang. 

Kepala Bidang Bina Marga DPU Kota Semarang, Suriyati mengatakan, DPU sangat mendukung Semarang menjadi kota sehat.

Pembangunan monumen ini menjadi bagian dukungan DPU karena Kota Lunpia ini telah mendapatkan Swastisaba Wistara pada 2019 dan 2021. 

Pihaknya bermaksud membangun monumen ini sebagai tanda bahwa Semarang sudah mendapatkan predikat tertinggi kota sehat. Terlebih, kata dia, Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi juga menjadi Ketua Forum Kota Sehat Nasional. 

"Ini suatu penghargaan yang sangat layak diketahui banyak orang. Dengan hadirnya monumen ini, masyarakat akan tahu bahwa Semarang mendapatkan predikat tertinggi. Apalagi, Bu Tia sebagai ketua forum kota sehat nasional," papar Atik, sapaannya. 

Atik menyebutkan, material bahan tugu menggunakan kuningan dengan tinggi 4 meter, diameter atas 1,6 meter, dan diameter bawah 1,2 meter. Adapun pedestal berukuran 3,5 meter x 2,5 meter x 1,5 meter. Pembuatan monumen ini memakan waktu selama tiga bulan. (eyf) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved