Berita Ekonomi

Menparekraf bersama Paxel Beri Penghargaan ke 18 UMKM, Ini Pemenang dari Semarang

Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan upaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat setelah pandemi adalah melalui produk UMKM kreatif

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: muslimah
Istimewa
Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2022” bagi UMKM kuliner online. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia untuk kembali bangkit di masa pemulihan saat ini, Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2022” bagi UMKM kuliner online.

Penghargaan tersebut turut didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) sebagai bentuk dukungan #pulihbersama.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan upaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat setelah pandemi adalah melalui produk UMKM kreatif.

Menurutnya, UMKM kuliner lebih mudah dan cepat mengembangkan usahanya.

Untuk itu, UMKM kuliner perlu didukung agar kembali memberikan kontribusi, seperti tahun 2020 telah menyumbang 41 persen terhadap PDB ekonomi kreatif.

Baca juga: Cerita Ambar 10 Tahun Terakhir Selalu Kungkum di Tugu Suharto Saat Malam Satu Suro, Ungkap Tujuannya

Baca juga: Kronologi Lengkap Siswi SMA di Bantul Dilaporkan Depresi, Diduga Dipaksa Pakai Hijab oleh Guru

“Selama pandemi, usaha kuliner terbukti dapat bertahan bahkan bisa berkembang, mampu menggerakkan perekonomian bahkan menyerap tenaga kerja paling banyak.

Saya secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan eKuliner Awards 2022 sebagai upaya #PulihBersama mengembalikan semangat pelaku UMKM di Indonesia untuk masuk ke dunia digital dalam memasarkan produknya.

Saya berharap akan lahir para juara produk UMKM kreatif dan kuliner kita yang bisa mendunia sehingga dapat menjadi lokomotif pemulihan sektor
pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi.

Ujungnya adalah pemberdayaan masyarakat dan UMKM, yang dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya demi kebangkitan ekonomi nasional," ujar Sadiuno dalam keterangan pers yang diterima tribunjateng.com.

Sejak eKuliner Awards 2021, Paxel melihat peningkatan pertumbuhan UMKM yang positif.

Hal ini diharapkan dapat mendorong program Indonesia Spice Up The World yang digaungkan oleh Pemerintah.

“Kami mencatat dalam ekosistem Paxel sendiri setidaknya ada kenaikan jumlah pelaku usaha kuliner sebesar 30 % sejak 2021.

Angka ini juga diikuti dengan penyerapan tenaga kerja dari sisi UMKM Kuliner sebesar 6 juta pekerja.

Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah yang mendorong UMKM go digital, guna meraih omzet yang semakin berlipat,” tutur Co-founder Paxel, Zaldy.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved