Berita Karanganyar

Venue Paralayang di Kemuning Karanganyar Layak Jadi Lokasi Kejuaraan Dunia

Venue paralayang di Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar layak naik tingkat tidak hanya menjadi lokasi

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
dokumentasi Panitia Kejuaraan Paralayang di Kemuning
Para atlet melakukan penerbangan dalam Kejurnas Paralayang ketepatan mendarat 2022 di Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, Sabtu (30/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Venue paralayang di Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar layak naik tingkat tidak hanya menjadi lokasi untuk kejuaraan tingkat nasional saja melainkan tingkat internasional.

Ketua Paralayang Indonesia, Wahyu Yuda menyampaikan, perbaikan sarana dan prasarana untuk paralayang di Kemuning saat ini sudah baik, ada dua lokasi take off di sekitar Bukit Teletubis dan Segorogung.

Di samping itu lokasi landing juga representatif karena tidak hanya mudah diakses oleh para atlet tapi juga oleh masyarakat.

Beberapa pertimbangan itulah yang membuat venue paralayang di Kemuning dipilih sebagai lokasi kejuraan tingkat nasional (Kejurnas) 2022. Pihaknya mengapresiasi Pemkab Karanganyar yang telah mendukung kegiatan paralayang di Kemuning.

"Kita lihat venue di Kemuning ini feasible tidak hanya untuk kejuaraan tapi juga pariwisata. Diharapkan adanya kejuaraan ini jadi pemicu tumbuhnya sport turism di Karanganyar," katanya kepada Tribunjateng.com di sela pelaksanaan Kejurnas 2022 di Lapangan Landing Kemuning, Sabtu (30/7/2022).

Menurutnya venue di Kemuning memiliki ciri khas tersendiri yakni lokasinya yang berada di dekat hamparan perkebunan teh. Sepengetahuan Yuda, hanya ada dua venue paralayang yang dekat dengan perkebunan teh yakni Kemuning dan Bogor.

"Venue ini memiliki potensi luar biasa tidak hanya sebagai tempat terbang atau aerosport tapi juga pariwisata.

Saya melihat venue paralayang di Kemuning tidak hanya bisa dipakai untuk Kejunas tapi juga kejuraan level internasional.

Sudah saatnya naik tingkat, saya memberikan rekomendasi digelar kejuaraan tingkat dunia di Kemuning," ungkapnya.

Adapun dalam Kejurnas ketepatan mendarat (KTM) Paralayang 2022 di Kemuning diikuti sebanyak 114 atlet senior dari 12 provinsi.

Ada lima nomor yang diperlombakan seperti KTM putra-putri, KTM beregu putra-putri dan piala bupati cup. Kejuaraan berlangsung sejak Kamis (28/7/2022) dan akan berakhir pada Minggu (31/7/2022).

Atlet asal Padang Sumatera Barat, Sukriyadi Hamzah mengatakan, merasa senang dan tidak mengalami kendala saat melakukan penerbangan.

"Terbang di sini lebih asik, ramai, wisatanya bagus. Tempat landing bagus, tempatnya pinggir jalan jadi ramai, kami yang terbang jadi senang," ucap atlet yang pernah berlaga dalam kejuaraan nasional maupun internasional itu.

Pihaknya akan memebrikan yang terbaik dalam kejuaraan kali ini. Ada 13 atlet asal Padang yang mengikuti kejuraan kali ini.

"Memberikan yang terbaik, mimpinya juara umum," tandasnya. (Ais).

Baca juga: Hasil Akhir Arema FC Vs PSIS Semarang Liga 1 2022-2023, Sergio Silva Hancurkan Poin Mahesa Jenar

Baca juga: Ratusan Napi Lapas Kedungpane Gelar Doa Bersama Menyambut Tahun Baru 1 Muharam 1444

Baca juga: Siswa-Siswi KB-TK Nasima Semarang Rayakan Tahun Baru Islam, Pawai Keliling dan Makan Bubur Suro

Baca juga: Persija Jakarta Kena Denda Rp50 Juta gara-gara Ulah Suporter

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved