Berita Tegal

KPU Kabupaten Tegal Gencarkan Sosialisasi, Ini Tahapan Pemilu 2024 yang Harus Diketahui

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal semakin gencar mengadakan sosialisasi. Seperti belum lama ini, menginformasikan Peraturan Komisi Pemilihan

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: m nur huda
TRIBUN JATENG/Desta Leila Kartika 
Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman, saat ditemui Tribunjateng.com di kantornya yang beralamat di Jalan Ade Irma Suryani, nomor 02, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal semakin gencar mengadakan sosialisasi.

Seperti belum lama ini, menginformasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.  

Tidak hanya sosialisasi, KPU Kabupaten Tegal juga mengenalkan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), yang digunakan untuk memfasilitasi pengelolaan administrasi pendaftaran, verifikasi, dan penetapan peserta Pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman, menjelaskan KPU pusat pada Jumat (29/7/2022) lalu mengumumkan pendafatran partai politik (parpol) akan dimulai pada Senin (1/8/2022), sampai Minggu (14/8/2022) mendatang.

Selain itu, pada kesempatan ini juga disampaikan informasi bahwa partai politik yang sudah melakukan pendaftaran dan memiliki akun SIPOL per tanggal 29 Juli 2022 pukul 13.00 WIB, sebanyak 39 partai politik nasional dan delapan partai politik lokal Aceh.

Sehingga jika ditotal, sementara ada 47 partai politik yang sudah melakukan pendaftaran dan memiliki akun SIPOL.

"KPU RI (KPU pusat) juga menginfokan pendaftaran parpol di akun SIPOL dari tanggal 1-13 Agustus mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan pada hari terakhir tanggal 14 Agustus, pendaftaran dilaksanakan mulai pukul 08.00-23.59 WIB," jelas Nurokhman, pada Tribunjateng.com, Senin (1/8/2022).


Nurokhman mengungkapkan, pendaftaran parpol bisa dilakukan oleh pemimpin calon peserta pemilu, atau perwakilan yang diberi kuasa untuk mewakilkan.


Syaratnya, dengan menyampaikan dokumen surat pendataran partai politik, dan surat pernyataan yang ditandatangani pimpinan partai politik calon peserta pemilu 2024 menggunakan model F-rekap.pendaftaran-parpol.


"Melalui sosialisasi ini, saya berharap teman-teman partai politik memiliki pemahaman dan pengetahuan  yang sama, sempurna terkait materi  PKPU Nomor 4 tahun 2022," harapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved