Berita Semarang

Lanal Semarang akan Menyambut Peserta Triathlon Pada Kegiatan The Rising Tide

TNI AL akan menggelar Triathlon yang dimulai dari Bali dan finis menuju Jakarta.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, TNI Angkatan Laut (AL) akan menggelar Triathlon yang dimulai dari Bali dan finis menuju Jakarta.

Pada kegiatan tersebut Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Semarang akan menyambut peserta Triathlon di dermaga S

Komandan Lanal (Danlanal) Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi dan Komandan KRI Spica 934 Letkol Laut (P), Indragiri paparkan kegiatan The Rising Tide, Senin (1/8/2022).
Komandan Lanal (Danlanal) Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi dan Komandan KRI Spica 934 Letkol Laut (P), Indragiri paparkan kegiatan The Rising Tide, Senin (1/8/2022). (Tribun Jateng/Rahdyan Trijoko Pamungkas)

amudera 2 Pelabuhan Tanjung Emas.

Beragam kegiatan juga akan digelar pada acara tersebut.

Komandan Lanal (Danlanal) Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi mengatakan rangkaian acara menyambut hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 diantaranya The Rising Tide.  Kegiatan itu mengangkat isu lingkungan.

"Jadi yang kami angkat sampah rumah tangga. Nanti kami akan berhubungan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) baik kota Semarang maupun Provinsi Jateng," ujarnya kepada tribunjateng.com, Senin (1/8/2022).

Haryono menerangkan kegiatan The Rising Tide tersebut dimulai dari Denpasar (Bali)  berakhir di Monas Jakarta. Kegiatan tersebut akan diisi dengan thriatlon atau olahraga yakni sepeda, berenang, dan lari. Secara rinci peserta akan bersepeda sejauh 135 kilometer, berenang 5 kilometer, dan berlari kurang lebih 1153 kilometer.

"Nanti akan dimulai dari Denpasar Bali hingga Gilimanuk bersepeda, Pelabuhan Gilimanuk hingga pelabuhan Gilimanuk Banyuwangi berenang, dan Gilimanuk hingga Jakarta berlari," paparnya.

Menurutnya, kegiatan lari akan dilakukan secara estafet dan melewati beberapa Kota.dan Kabupaten di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa. Selain itu juga melewati beberapa Pangkalan Laut dan Marinir.

"Kami akan kedapatan pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2022," tuturnya.

Terkait kegiatan di Semarang, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk menyambut kegiatan The Rising Tide. Kegiatan yang diselenggarakan di Semarang yakni bazar UMKM, open ship, live music, dan talk show.

"Secara rinci bazar UMKM  kami berkoordinasi Dinas Koperasi dan UMKM, Kelurahan di Seluruh Kecamatan Semarang utara, mengerahkan seluruh pekerja yang ada di dalam pelabuhan, dan masyarakat sekitar. kemudian Open ship. Kemudian Live musik nanti diikuti beberapa grup band dan saya menghadirkan grup band dari Marinir Surabaya namanya Gung Ho Band. Selanjutnya Talk Show yang akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah dan nanti akan ada Komandan  Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal)  ," paparnya.

Lanjutnya, terkait open ship pihaknya akan menghadirkan 3 Kapal perang yang bersandar di dermaga Samudera 2 Pelabuhan Tanjung Emas. Tiga kapal perang tersebut KRI Fatahilah 361, KRI Spica 934, dan KAL Menjangan. 

"Nanti anak SD, SMP,SMA, kuliah maupun masyarakat umum silahkan datang ke Pelabuhan naik ke kapal perang selama dua hari. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap TNI Angkatan Laut," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved