Berita Sragen

19 Desa di Sragen akan Ikuti Pemilihan Kepala Desa Serentak

Pemkab Sragen akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa serentak pada Oktober 2022.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Ilustrasi. Warga Desa Taraman sedang mengantri untuk mencoblos di lapangan SD 2 Taraman 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa serentak bersama (Serma) pada Oktober 2022 mendatang.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan pemilihan kepala desa pada Oktober nanti akan diikuti 19 desa yang tersebar di Seluruh Kabupaten Sragen.

"Pemilihan Kades Serma nanti 25 Oktober 2022, nanti diikuti 19 desa. Ini sudah mulai tahapannya, saat ini pendaftaran yang akan ditutup 8 Agustus," kata Bupati Yuni, Senin (1/8/2022).

Bupati mengatakan pihaknya akan menyiapkan semaksimal mungkin apa saja yang akan diperlukan dalam Pilkades serentak itu. Termasuk menjaga kondusifitas wilayah.

"Tentu kita siapkan semaksimal mungkin, mudah-mudahan nggak ada gejolak apapun. Kami dengan Kapolres dengan Dandim berupaya juga menjaga kondusifitas di masing-masing desa dan akan keliling untuk bisa memantau," katanya.

Yuni melanjutkan sistem sedang di bangun dan pihaknya juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memilih pemimpin berdasarkan kriteriabilitasnya dam kapasitasnya, bukan berdasarkan hal-hal lain.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Joko Suratno menambahkan pendaftaran bakal calon kepala desa sudah dilakukan sejak (27/7) sampai (8/8).

Joko mengatakan, jika bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan kurang dari dua orang maka terjadi perpanjangan pendaftaran yakni 20 hari.

"Penelitian administrasi dan pemberitahuan kekurangan persyaratan administrasi dilakukan pada saat pendaftaran di hari yang sama, sekaligus menerima masukan dari masyarakat."

"Apabila ditemukan ada kekurangan persyaratan alat administrasi maka harus dilengkapi maksimal satu hari setelah penutupan perpanjangan waktu pendaftaran," terangnya.

Setelah perpanjangan pendaftaran, akan dilakukan penelitian administrasi persyaratan bakal calon kepala desa (19-23/8/2022). 

Dilanjutkan pemberitahuan kepala bakal calon kades dan pengumuman kepada masyarakat setempat mengenai hasil penelitian administrasi bakal calon dilakukan 24 Agustus. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved