Berita Kajen

Akhirnya Warga Kecamatan Lebakbarang bisa Menikmati Jaringan Internet

Peresmian Penggelaran dan Integrasi Jaringan Fiber Optic (FO) itu diselenggarakan di Balai Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalong

Dok Prokompim Kabupaten Pekalongan
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat meresmikan penggelaran dan Integrasi Jaringan Fiber Optic (FO), di Balai Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaunching Jembatan Digital di wilayah Kecamatan Lebakbarang. Peresmian Penggelaran dan Integrasi Jaringan Fiber Optic (FO) itu diselenggarakan di Balai Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan.

Di wilayah tersebut memang dikenal daerah blank spot. Kemudian, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun ini punya program gelaran fiber optik. Dalam program tersebut, daerah-daerah yang dikategorikan blank spot atau tidak ada jaringan internet dipasang fiber optik.

Pada program ini, Kabupaten Pekalongan ditunjuk sebagai salah satu daerah dalam program tersebut, tepatnya di Kecamatan Lebakbarang.

Bupati Fadia dalam menyampaikan rasa bahagia dan bangganya dengan terbangunnya jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di wilayah Kecamatan Lebakbarang, yang merupakan salah satu daerah pegunungan di Kabupaten Pekalongan.

"Harapan kami dengan adanya fiber optik di Lebakbarang, masyarakat sekitar bisa memanfaatkannya dengan baik."

"Saya sebagai Bupati Pekalongan turut bangga dan bahagia. Terima kasih kepada bapak ibu dari Kementrian Kominfo dan Icon Plus. Mudah-mudahan di kecamatan lain kita bisa kerja sama lagi, supaya semua masyarakat terpenuhi haknya," kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat rilis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, jaringan fiber optik yang dibangun itu ada di 11 kantor desa, satu kecamatan, 4 sekolah, dan 1 puskesmas di wilayah Kecamatan Lebakbarang dengan penarikan kabel FO sepanjang 51 kilometer. Empat sekolah yang difasilitasi jaringan FO yaitu, SMP Negeri 1 Atap Bantarkulon, SMK 1 Lebakbarang, SMP 1 Lebakbarang, SMP 1 atap Timbangsari.

Bupati Fadia berharap, pemkab dapat membangun lebih banyak lagi jaringan TIK di wilayah kecamatan lainnya.

"Dari segi pendidikan saja, banyak anak Kabupaten Pekalongan yang terbantu. Saya berharap, akan ada banyak lagi dan di kecamatan lainnya. Dari segi pemerintahan saja mudah. Kalau ada informasi apa pun, bisa tersampaikan dengan cepat," imbuhnya.

Selain itu, di era transaksi digital ini pihaknya yakin, para pengusaha dan masyarakat akan terbantu dengan adanya jaringan internet yang dibangun.

Lalu, yang tidak kalah penting yaitu jaringan yang terpasang ini dapat mempromosikan wisata desa.

"Desa ini mempunyai keunggulan wisata, bisa dikembangkan melalui internet. Kita bisa mengupload, mempromosikan desa kita. Seingga masyarakat luar tahu, kalau berkunjung di Kabupaten Pekalongan harus datang ke Lebakbarang untuk melihat keindahan Lebakbarang," ucapnya.

Fadia menambahkan, internet sekarang ini merupakan kebutuhan dasar yang sudah seharusnya setiap warga berhak mendapatkannya.

"Dengan adanya fiber optic ini, saya berharap ekonomi Lebakbarang meningkat. Pemerintah sudah menyediakan sarananya, tinggal warga yang memanfaatkan dengan optimal. Ekonomi harus jalan, anak-anak sekolahnya tambah semangat, dan juga wisatanya dikembangkan," tambahnya. (Dro)

Baca juga: Apa Itu Nifas? Perawatan dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Saat Masa Nifas

Baca juga: Ganjar Berikan Motivasi Mahasiswa Teknik UGM Yogyakarta 

Baca juga: Ganjar Berikan Motivasi Mahasiswa Teknik UGM Yogyakarta 

Baca juga: Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis Arab Latin Beserta Artinya

Baca juga: Not Pianika Indonesia Tanah Air Beta, Indonesia Pusaka

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved