Berita Semarang

Bendungan Urban Donwhill Competition 2022 Semarang Segera Digelar, Lewati Rute Perkampungan Warga

Kota Semarang gelar Bendungan Urban Downhill Competition 2022 pada 13-14 Agustus.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Panitia Bendungan Urban Downhill Competition 2022Bendungan Urban Downhill Competition 2022 menggelar press conference, di E-Bike Point, Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kota Semarang bakal menggelar Bendungan Urban Downhill Competition 2022 pada 13-14 Agustus 2022.

Kompetisi sepeda ini tak seperti pada umumnya. Jika biasanya rute downhill berada di hutan, kompetisi yang akan digelar di Kampung Kintelan, Kelurahan Bendungan, Gajahmungkur, akan melewati perkampungan dengan rute naik turun. 

Ketua Panitia Bendungan Urban Downhill Competition 2022, Bagyo Putranto mengatakan, rute downhill pada ajang ini sepanjang 1,1 kilometer yang melewati lereng, teras rumah warga, rumah kosong, hingga bekas kandang kambing. 

Dia memastikan, rute yang telah disiapkan aman. Pihaonya mengambil sisi barat wilayah Kelurahan Bendungan yang memiliki tingkat kecuraman lebih kecil dibanding sisi timur. 

"Kami juga mempersiapkan medis. Rute telah disiaokan jaring, pagar, sebagainya sebagai pengamanan," katanya, Jumat (5/8/2022). 

Bagyo mengatakan, kegiatan ini terbuka dan bisa ditonton oleh masyarakat secara gratis. Kompetisi ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan UMKM. 

Komiser Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Putra Pradana Sukarno mengatakn, kompetisi ini merupakan genre baru dsri downhill. Ini baru pertama kali digelwr di Semarang.

Selain mengangkat sisi entertainnya, PBISSI juga akan mengawal dari sisi sportifitas dan keselamatan. 

"Kompetisi ini sifatnya individual. Jadi, pembalap start satu per satu dengan jeda satu menit. Nanti diambil catatan waktu terbaik," terangnya. 

Putra menyebut, ada 10 kategori yang bakal dilombakan yaitu kategori lokal Semarang, hartil, usia mainude 15 - 16 tahun, main junior 17-18 tahun, main elite yaitu atlet 19 tahun ke atas, main open yaitu para pehobi sepeda usia 19 tahun ke atas, master A usia 30 - 39 tahun, master B usia 40 - 49 tahun, dan master C 50 tahun ke atas. 

"Sejauh ini ada 80 peserta yang sudah daftar. Kami targetkan 250 peserta. Kami buka pendaftaran sampai hari H," terangnya. 

Camat Gajahmungkur, Ade Bhakti Ariawan membeberkan, total hadiah sebesar Rp 70 juta yang disupport oleh Bank Jateng. Event ini akan disiarkan live streaminh di Youtube Pemerintah Kota Semarang. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso berharap, kegiatan ini bisa menghadirkan wisatawan dari luar kota. 

"Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan denhan lancar dan baik. Insyaallah dari Disbudpar akan support. Kami juga berikan hiburan di beberapa spot di venue. Kami akan kombinasikan ada sport tourism tapi tidak meninggalkan budaya lokal," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved