Berita Batang

Lestarikan Seni Budaya, TP PKK Batang Gelar Lomba Tari Tradisional Khas Batang

Kabupaten Batang, Jawa Tengah memiliki beragam tarian khas yang hingga saat ini terus dilestarikan.

Penulis: dina indriani | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUNJATENG / DINA INDRIANI
Peserta menampilkan tarian Batik Gring dalam perlombaan tari tradisional di Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kabupaten Batang, Jawa Tengah memiliki beragam tarian khas yang hingga saat ini terus dilestarikan.

Salah satu upaya untuk melestarikan seni budaya tari khas daerah, TP PKK Kabupaten Batang menggelar lomba tari dan festival band di Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (5/8/2022).

Selain itu, lomba ini juga untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang diikuti seluruh perwakilan kecamatan di Kabupaten Batang.

"Kami dari PKK juga punya peran penting bagaimana kesenian budaya asli daerah kita ini tidak tergerus perkembangan zaman, salah satunya ya ini digelar dengan perlombaan untuk generasi muda agar tetap cinta seni budaya Batang," tutur Pj Ketua TP PKK, Purwaniti Sugeng Sugiharto kepada Tribunjateng.com.

Lebih lanjut, dalam perlombaan ini telah ditentukan tiga tarian khas Batang yaitu Babalu, Batik Gringsing dan Sintren.

"Karena kebetulan ketiga tarian itu yang paling sering ditampilkan, dan setiap kecamatan pun sudah familiar dengan tiga tarian itu," ujarnya.

Dikatakannya, pemenang dalam lomba tari ini nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba tari di tingkat yang lebih tinggi.

"Ini juga menjadi persiapan kami, dimana nantinya pemenang akan kami ikutkan jika ada kegiatan lomba tari di tingkat provinsi atau tingkat lainnya yang lebih tinggi," imbuhnya.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengapresiasi atas terselenggaranya lomba kesenian tari tradisional khas Batang 

"Kegiatan yang sangat positif, tentu patut diapresiasi, karena tidak hanya lomba ini juga sebagai bentuk nguri-nguri budaya Batang juga mengembangkat bakat minat anak," tuturnya.

Menurutnya, meski perkembangan saat ini telah maju dengan pesat namun kesenian budaya harus tetap dilestarikan sebagai aset daerah.

"Sekarang banyak kesenian keluar masuk, dengan adanya kegiatan seperti ini kesenian Batang bisa tetap dilestarikan," ujarnya.

Tidak hanya itu, Pemkab juga berupaya mengangkat kesenian Batang dikenalkan pada masyarakat luas.

"Beberapa event entah di Kabupaten Batang atau di luar daerah, kita juga tampilkan kesenian tari Batang," pungkasnya.(din)

Baca juga: Meriahnya EcoFest UKSW, Budi Doremi Ajak Penonton Menyanyi Bersama

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Besok Sabtu 6 Agustus 2022, Pisces Keraguan Menciptakan Jarak

Baca juga: Prediksi Arema FC Vs PSS Sleman Liga 1 2022, H2H, Susunan Pemain dan Link Live Streaming

Baca juga: Cara Ganti Wallpaper Berbeda di Tiap Kontak WA WhatsApp

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved