Berita Tegal

Bersama Unsoed, Bupati Umi Ajak Warga Kalibakung Tegal Budidayakan Tanaman Obat

Pesan ini disampaikan Bupati Tegal, Umi Azizah, saat menutup kegiatan pemberdayaan masyarakat pada budidaya tanaman herbal di WKJ Kalibakung, Kecamata

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: m nur huda
Humas Pemkab Tegal 
Bupati Tegal, Umi Azizah, serahkan bantuan bibit tanaman obat dari Unsoed kepada Kepala Desa Kalibakung Mujiyono, saat menutup kegiatan pemberdayaan masyarakat pada budidaya tanaman herbal di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu.  

 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Selain melindungi keanekaragaman hayati, penanaman bibit tanaman obat atau herbal oleh warga di sekitar objek Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung dengan memanfaatkan lahan pekarangan, dan kebun di sekitar rumah membawa manfaat ekonomi dari penjualan hasil panen dan produk olahannya.

Pesan ini disampaikan Bupati Tegal, Umi Azizah, saat menutup kegiatan pemberdayaan masyarakat pada budidaya tanaman herbal di WKJ Kalibakung, Kecamatan Balapulang beberapa waktu lalu. 

Kegiatan yang diprakarsai oleh tim pemberdayaan dari Unsoed ini sudah berlangsung sejak 15 Juli 2022 lalu, dengan memberikan pelatihan dari teori hingga praktik penanaman serta pengolahan pasca panen.

Lewat sambutannya, Umi menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika Unsoed yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut. 


Selain itu, dirinya meminta setelah ini WKJ Kalibakung bisa menampung dan membeli hasil panen dari masyarakat. 


Sehingga, ketergantungannya pada pasokan bahan jamu dari luar bisa dikurangi.


Pihaknya pun berharap, pasca ini Unsoed bisa terus memonitor perkembangannya dan mendampingi komunitas warga yang menurutnya dapat dihimpun dalam kelompok wanita tani, maupun koperasi dengan keanggotaan UMKM.


“Karena satu prinsip yang saya pegang dari pendekatan pemberdayaan masyarakat ini, bahwa keberhasilan pemberdayaan sebuah komunitas akan terlihat setelah tidak ada lagi pendampingan,” jelas Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (7/8/2022). 


Lebih lanjut, Umi meminta kerja sama tri dharma perguruan tinggi ini tidak sebatas pemberdayaan masyarakat, tapi juga bisa dilanjutkan pada pendampingan proses bisnis Pusat Pengolahan Pasca Panen Tanaman Obat (P4TO) Kalibakung. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved