Berita Semarang

Cahyono Sarankan Kereta Api Berhenti Sejenak di Stasiun Tanggung Agar Penumpang Paham Sejarah

Pengamat Kereta Api sarankan kereta api  berhenti sejenak di Stasiun Tanggung.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Rahdyan Trijoko Pamungkas
Peragaan busana jadul di Stasiun Tanggung Kabupaten Grobogan dalam rangka memperingati 155 tahun perjalanan kereta api pertama di Indonesia. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengamat Kereta Api sarankan kereta api  berhenti sejenak di Stasiun Tanggung Kabupaten Grobogan. 

Pengamat Kereta Api, Cahyono Raharjo mengatakan banyak masyarakat tidak mengetahui Kota Semarang memiliki peranan yang besar dan penting Perkeretaapian di Indonesia. Masyarakat perlu mengetahui awal perjalanan kereta api dimulai dari 10 Agustus 1867.

"Jadi saat ini tepat 155 tahun perjalanan kereta api reguler di Indonesia yakni dari Semarang hingga ke Tanggung. Kalau dari Semarang dulu nama stasiunnya Samarang tepatnya di wilayah Spoorland," ujarnya saat napak tilas perjalanan kereta api pertama di Indonesia, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, saat itu kereta api tidak banyak dimanfaatkan untuk mengangkut penumpang. Kereta lebih dioperasionalkan mengangkut hasil pertanian ke Semarang untuk diekspor ke Eropa.

"Jadi hasil pertanian yang di plosok Jateng dikirim ke Semarang untuk diekspor ke Eropa," tuturnya.

Cahyono mengatakan saat ini banyak masyarakat khususnya di sekitar stasiun Tanggung meminta agar kereta api berhenti sejenak di stasiun tersebut selama 2 hingga 3 menit.

Hal itu bertujuan agar penumpang kereta api mengetahui stasiun tersebut merupakan tempat bersejarah.

"Jadi dia menyarankan kereta api berhenti di sini (Stasiun Tanggung) Sekarang ini tidak ada kereta api yang berhenti," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved