Berita Karanganyar

Ratusan Orang Menari dan Terbangkan Pesawat Kertas di Karanganyar, Peringati HUT ke-77 RI

Ratusan orang menari bersama dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-77 RI di Terminal Matesih Kabupaten Karanganyar, Kamis (11/8/2022)

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Ratusan orang menerbangkan pesawat kertas saat menari bersama di Terminal Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Ratusan orang menari bersama dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-77 RI di Terminal Matesih Kabupaten Karanganyar, Kamis (11/8/2022). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sekitar 400-an orang terdiri dari unsur pelajar SD hingga SMA, TP PKK Matesih, komunitas seni dan senam turut ambil bagian dalam tari massal yang baru pertama kali digelar tersebut.

Ratusan orang terlihat kompak menari diiringi lagu berjudul Ayo ke Matesih karya seniman lokal, Wasimin yang telah diaransemen. 

Koreografer, Ari Kustanto menyampaikan, tarian yang ditampilkan pada kesempatan kali ini ialah tari aransemen berjudul Krentegsih.

Nama judul tarian tersebut merupakan bentuk harapan dan keyakinan dari warga Matesih.

Dalam akhirnya tarian tersebut para peserta menerbangkan pesawat kertas sebagai wujud harapan meraih mimpi. 

"Dengan banyaknya seniman di Matesih, saya tergugah dengan karya Pak Wasimin. Dia membuat lagu Ayo ke Matesih.

Kita aransemen ulang, kita kombinasikan dengan tarian namanya Krentegsih. Krenteg itu artinya keyakinan. Sih itu Matesih, bagaimana dengan keyakinan menjadikan masyarakat Matesih makmur," katanya kepada Tribunjateng.com. 

Kabid Kebudayaan Disdikbud Karanganyar, Heri Sutrisno mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya mengembangkan dan melestarikan budaya tradisional. 

"Kami dari Pemkab Karanganyar mengapresiasi, mudah-mudahan kegiatan ini tidak berhenti hari ini tapi bisa berlangsung dalam kesempatan lain," ucapnya. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved