Berita Sragen

Bupati Sragen Lepas 22 Kontingen Pramuka Kwarcab Ikuti Jambore Nasional

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni lepas Kontingen Kwarcab Kabupaten Sragen.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ketika memberikan sambutan pada pelepasan kontingen Sragen di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melepas Kontingen Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Sragen untuk ikuti Jambore Nasional XI 2022 di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Rabu (10/8/2022).

Sebanyak 22 penggalang itu akan mengikuti Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Kota Jakarta selama tujuh hari. Mereka telah berangkat sore tadi.

Ketua Kwarcab Sragen, Suwardi mengatakan 22 penggalang ini telah mengikuti proses seleksi yang ketat dan panjang. Seleksi sendiri sudah dimulai sejak Mei 2022.

"Masing-masing gugus depan yakni 15 gugus tugas kita seleksi yang terbaik, proses seleksi dimulai bulan Mei. Mereka sudah terbaik di gugus tugas-nya," kata Suwardi usai acara.

Dia melanjutkan penggalang yang bisa ikut Jambore Nasional harus memenuhi rangkaian seleksi dan memenuhi standar kecakapan dari Pramuka seperti keterampilan, pengetahuan dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Bupati Yuni berpesan agar menjadi peserta yang selalu aktif dalam mengikuti semua kegiatan. Menunjukkan bahwa Pramuka Sragen adalah Pramuka yang santun dan berkarakter.

Sebanyak 22 Kontingen Pramuka Kwarcab ketika Ikuti pelepasan Jambore Nasional di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (11/8/2022).
Sebanyak 22 Kontingen Pramuka Kwarcab ketika Ikuti pelepasan Jambore Nasional di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (11/8/2022). (Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani)

"Carilah pengalaman dan sahabat sebanyak mungkin dari seluruh Nusantara dan tidak lupa sampaikan pesan moral bahwa Pramuka Sragen adalah Pramuka yang santun dan berkarakter," pesannya.

Tidak lupa dirinya juga berpesan kepada seluruh peserta agar tetap menjaga kesehatan. Tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan karena kegiatan pramuka membutuhkan kekuatan fisik dan mental.

Yuni meyakini, Pramuka dapat memberikan kontribusi yang sangat positif pada pembentukan karakter bangsa karakter generasi muda sehingga harus didukung.

"Semoga adik-adik kita bisa menorehkan sejarah, memberikan prestasi terbaiknya untuk Kabupaten Sragen dan selalu bangga menjadi warga Kabupaten Sragen. Jangan lupa pulang bawa oleh-oleh ya," pesannya.

Sementara itu, jika kontingen Sragen mendapatkan juara dalam Jambore Nasional, Yuni berjanji akan memberikan hadiah berupa tambahan anggaran di tahun depan.

"Kalau besok juara tentu ada hadiah, kita memberikan support terhadap semua kegiatannya itu sudah sangat luar biasa seperti anggaran tahun depan bisa ditambah," katanya.

Sementara itu, anggaran Pramuka Sragen tahun ini Rp 570 juta. Suwardi mengatakan belum termasuk anggaran lain, dalam arti banyak pemasukan mandiri, bergotong-royong dari orangtua hingga masyarakat. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved