Berita Sragen

Upacara Detik-detik Proklamasi di Sragen Ditiadakan, Hanya Ada di Masing-masing Dinas dan Kecamatan

Bupati Sragen pastikan tidak ada upacara detik-detik Proklamasi di tingkat kabupaten.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ditemui usai pelepasan kontingen Kwarcab Sragen ke Jambore Nasional, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati pastikan tidak ada upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI (17/8/2022) mendatang.

Upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI hanya akan diikuti Bupati dan jajaran Forkopimda Sragen secara virtual bersama Presiden RI, Joko Widodo dari Istana Negara.

"Tidak ada upacara detik-detik proklamasi di tingkat kabupaten. Tingkat kabupaten hanya mengikuti upacara secara virtual dengan presiden, termasuk upacara penurunan bendera merah putih juga virtual," kata Bupati Yuni.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih akan dilakukan seperti biasa di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga tingkat kecamatan pada (17/8/2022) pagi.

"Nanti tetap ada upacara pengibaran bendera merah putih tapi di masing-masing OPD. Himpunan kecil boleh tapi kalau besar tidak diperbolehkan karena pesertanya banyak, kalau masing-masing dinas pesertanya terbatas," lanjut Yuni. 

Sementara itu, terkait Paskibraka yang telah berlatih Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sragen, Sutrisna, mengatakan mereka akan tetap digunakan.

Paskibraka tetap digunakan di setiap OPD saat upacara bendera. Ada 174 anggota Paskibraka yang akan disebar ke semua OPD sebagai petugas pengibar bendera Merah Putih.

"175 paskibra yang sudah latihan tetap digunakan untuk pengibaran bendera. Mereka kita breakdown atau distribusikan ke semua OPD sebagai petugas pengibar bendera di masing-masing dinas," katanya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved