Berita Sragen

Dukung Sangirun Night Trail 24K, Pemkab Sragen Gelar Lomba Lari 4Kilo Gratis untuk Masyarakat

Pemkab Sragen siapkan hadiah Rp 25,5 juta untuk hadiah Sangirun Night Trail 4 km.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Doc Video Tribun Jateng
Ilustrasi Sangirun Night Trail 2021 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen siapkan hadiah uang tunai Rp 25,5 juta untuk hadiah Sangirun Night Trail 4 kilometer yang akan digelar 17 September 2022 mendatang.

Event ini berbarengan dengan Sangirun Night Trail 24K yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerjasama dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Pemkab Sragen dan Pemkab Karanganyar.

Sangirun Night Trail 24K akan diikuti pelari profesional dari berbagai daerah dan berbayar. Sementara Sangirun Night Trail 4K hanya diikuti warga sekitar hingga pelajar.

Sebelumnya, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan akan ada beberapa kegiatan tambahan yang bisa mensuport Sangirun Night Trail 25k 2022, yakni lari 4K Pasar Budaya Sangiran Fair, hingga workshop.

Sementara itu, Asisten II Setda Sragen, Tugiono mengatakan untuk persiapan tiga kegiatan itu Pemkab Sragen mengalokasikan anggaran sebesar Rp 249,8 juta.

Lebih spesifik, Sangirun Night Trail 4K pihaknya menyiapkan total anggaran sebesar Rp 127 juta, Pasar Budaya Sangiran Fair Rp 75 juta dan Workshop handicraft Rp 47,8 juta.

Juara satu Sangirun Night Trail 4K akan memperoleh hadiah uang tunai Rp 6 juta, juara 2 Rp 5,5 juta, juara 3 Rp 5 juta, harapan 1 Rp 3,5 juta, harapan 2 Rp 3 juta dan harapan 3 Rp 2,5 juta.

Pasar Budaya Sangiran Fair nanti akan ada 20 UMKM yang akan ikut turut serta. Selain itu juga akan ada panggung seni budaya dari SMP, SMA dan sanggar seni di sekitar Sangiran.

"Akan ada workshop UMKM, karena di sana (Sangiran) mempunyai handicraft yang memang perlu adanya tambahan improved proges agar lebih bagus, lebih diminati oleh pengunjung," lanjut dia.

Bupati Yuni menambahkan, untuk lari 4K itu, pihaknya mentargetkan 250 peserta. Untuk workshop ada 25 UMKM yang akan mengikuti dari Kalijambe, Plupuh dan Gemolong.

Kegiatan workshop handicraft dan kerajinan bebatuan itu akan diselenggarakan di aula menara pandang Museum Manusia Purba Sangiran.

"Hadiah lombanya cukup menarik, intinya support dan terimakasih banyak atas penyelenggaraan ini. Kami berharap ada kontinuitas program dan akan kita masukkan ke kalender event tahunan yang ada di Kabupaten Sragen," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved