Berita Karanganyar

Kuota Pendaki Gunung Lawu Ditambah Saat momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Kuota pendaki Gunung Lawu di tiap pintu jalur pendakian akan ditambah saat momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Basecamp pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Kuota pendaki Gunung Lawu di tiap pintu jalur pendakian akan ditambah saat momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Kuota pendaki Gunung Lawu di tiap pintu jalur pendakian akan ditambah saat momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Teguh Haryono menyampaikan, sebelumnya dinas memberlakukan pembatasan jumlah pendaki Gunung Lawu yakni 350 orang di masing-masing pintu pendakian.

Adapun di wilayah Kabupaten Karanganyar ada tiga pintu pendakian yakni Candi Cetho Kecamatan Jenawi, Tambak Kecamatan Ngargoyoso dan Cemoro Kandang Kecamatan Tawangmangu.

"Untuk tahun ini kita longgarkan sampai dengan 500 orang maksimal setiap pintu pendakian," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (13/8/2022).

Penjaga basecamp Cemoro Kandang, Bambang menambahkan, batas waktu pendakian masih sama yakni mulai pukul 07.00-17.00.

Dia menerangkan, unsur relawan akan dilibatkan untuk melakukan pengamanan di sepanjang jalur Cemoro Kandang karena pada saat momen Hari Kemerdekaan akan digelar upacara di puncak gunung.

"Tahun ini jalur pendakian dibuka saat momen 17-an setelah dua tahun sebelumnya tutup karena pandemi," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada para pendaki yang hendak melakukan pendakian bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan supaya tetap berhati-hati dan mempersiapkan peralatan dan kondisi fisik.

"Ini cuaca masih tidak menentu, kabut tebal dan terkadang hujan. Yang penting bawa peralatan safety," ucapnya.

Adapun Relawan Anak Gunung Lawu (AGL) bakal menggelar upacara di Telaga Kuning bawah puncak Gunung Lawu bertepatan dengan momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Selain upacara, juga ada gerakan pungut sampah di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang. Pendaki dapat menukar sampah yang dipungut di sepanjang jalur pendakian dengan kupon berhadiah di Basecamp Cemoro Kandang. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved