Berita Pati

Penggalangan Dana Sudah, Bupati Pati Minta Perbaikan Rumah Korban Banjir Bandang Segera Dituntaskan

Setelah penanganan tanggul dan pembersihan material lumpur selesai dilaksanakan, maka pembangunan rumah sudah mulai dapat dilaksanakan

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: muslimah
Prokompim Setda Kabupaten Pati
Bupati Pati Haryanto memimpin rapat koordinasi penyerahan bantuan korban banjir bandang Margoyoso di Ruang Joyokusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (10/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto memimpin rapat koordinasi penyerahan bantuan korban banjir bandang Margoyoso, di Ruang Joyokusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (10/8/2022).

Ia didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pati Pujo Winarno.

Turut hadir pula dalam rapat tersebut antara lain Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pati, BPKAD, Dinsos, Camat Margoyoso, Kepala Desa Tunjungrejo dan Desa Bulumanis Kidul, serta perwakilan korban banjir bandang dari kedua desa tersebut.

Haryanto mengatakan bahwa rapat ini digelar untuk mematangkan teknis penyaluran bantuan bagi korban banjir bandang.

Setelah penanganan tanggul dan pembersihan material lumpur selesai dilaksanakan, lanjut Haryanto, maka pembangunan rumah sudah mulai dapat dilaksanakan. 

"Setelah tanggul ditangani, hari ini mulai dibangun kembali rumah yang kemarin hanyut maupun yang rusak berat ataupun yang hanya rusak ringan. Dalam hal ini pemerintah sudah hadir. Adapun saat perbaikan tanggul yang berwenang dan menguasai teknisnya adalah dari Balai (BBWS), dan Pemkab sejak awal telah menyiapkan bantuan untuk pembangunan rumah, serta kami pun menggerakkan semua elemen masyarakat agar gotong-royong menggalang dana maupun tenaga untuk membantu korban," terang dia sesuai rilis Prokompim Setda Kabupaten Pati.

Lebih lanjut Haryanto pun menguraikan bahwa Pemkab telah membantu korban banjir bandang sejumlah Rp 205 juta, sedangkan dari Baznas Kabupaten menyerahkan bantuan senilai Rp 322,5 juta untuk perbaikan rumah rusak ringan dan rusak berat di kedua desa tersebut.

"Bantuan ini akan dikelola oleh panitia, bukan dikelola oleh masing-masing (penerima-red)," tegasnya. 

Selain bantuan tersebut, Haryanto juga menyebut bahwa nantinya juga akan ada lagi bantuan dari Pemerintah Provinsi serta bantuan yang digerakkan lewat ASN. 

Karena bencana alam tersebut tidak diduga dan tentunya tidak ada yang mau mengalami, Bupati pun berharap partisipasi serta dukungan dari seluruh pihak untuk turut membantu meringankan korban.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved